Jokowi Minta Kepala Daerah Alokasikan APBD untuk Pelayanan Pasien Corona

Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Istana Kepresidenan RI)
agregasi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pembiayaan pelayanan kesehatan untuk pasien Covid-19 bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Terkait pembiayaan BPJS Kesehatan untuk pasien Covid-19, siapkan beban biaya pelayanan kesehatan atas penanganan bencana wabah Covid-19 ini dalam APBN maupun APBD,” kata Jokowi dalam rapat terbatas ‘Pembiayaan BPJS Kesehatan’ melalui video conference di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Kepala Negara ingin para gubernur, bupati dan wali kota bisa merealokasikan anggaran tersebut untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang terpapar Covid-19.

“Kita harus memastikan gubernur, bupati, wali kota juga melakukan realokasi anggaran APBD untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang terpapar Covid-19,” tuturnya.

Kepala Negara mengingatkan bahwa tugas negara yakni menjamin pelayanan kesehatan pada seluruh warga negara Indonesia dalam sistem jaminan kesehatan nasional yang berfungsi secara penuh dan berkelanjutan.

Advertisement