Jokowi Langsung Tinggalkan Pemakaman Usai Pemakaman Ibunda

foto: istimewa

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) langsung meninggalkan pemakaman keluarga di Mundu, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, usai prosesi pemakaman ibundanya Sudjiatmi Notomihardjo, Kamis (26/3).

Pemakaman yang berlangsung mulai pukul 13 .00 WIB tersebut berlangsung sekitar 50 menit.

Jenazah almarhumah usai diturunkan dari mobil ambulans langsung dimakamkan di sebelah makam suaminya, Widjiatno Notomihardjo.

Tidak ada pesan maupun sambutan yang disampaikan keluarga pada prosesi pemakaman tersebut. Presiden beserta keluarga pun langsung meninggalkan lokasi pemakaman untuk kembali ke kediamannya di Banyuanyar, Kota Solo.

Presiden yang sempat melambaikan tangan kepada jurnalis saat masuk ke dalam mobil tidak menyampaikan pernyataan apapun.

Advertisement

Sebelum dimakamkan, jenazah Sudjiatmi Notomiharjo disalati terlebih dahulu di Masjid Baturrachman atau sekitar 100 meter dari rumah duka Jalan Pleret Raya 9A Sumber Banyuanyar, Solo, Kamis (26/12).

Tampak Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama keluarga, dan diikuti iringan pasukan pembawa jenazah berjalan menuju Masjid Baturrachman di kampung setempat sekitar pukul 12.00 WIB.

Para pengiring jenazah almarhumah Sudjiatmi termasuk Presiden Jokowi terlihat mengenakan masker karena kondisi Solo statusnya kejadian luar biasa (KLB) wabah corona (Covid-19).

Bahkan, wartawan yang diizinkan masuk ke kawasan masjid harus melewati skrining yang dilakukan seperti pengukuran suhu tubuh dan menggunakan masker dan tangannya disemprot dengan hand sanitizer.

Jenazah almarhumah Sudjiatmi Notomiharjo setelah menjalani prosesi shalat jenazah sekitar 15 menit kemudian kembali dibawa ke depan rumah duka yang sudah siap sebuah mobil jenazah untuk membawa ke tempat pemakaman Jenazah almarhumah Sudjiatmi Notomiharjo diberangkatkan dari rumah duka di Jalan Pleret Raya Banyuanyar Solo menuju ke tempat pemakaman Keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, sekitar pukul 12.30 WIB.

Berdasarkan pantauan di lokasi terlihat Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Juga terlihat hadir Ketua MPR Bambang Soesatyo, MEneteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Mensesneg Praktikno, dan Ketua PSSI Mochamad Iriawan (Iwan Bule).

Proses Pemakamanan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan proses pemakaman mendiang Sudjiatmi diatur Paspampres, sementara pemprov hanya membantu penyiapannya.

“Sebagai penanggung jawab di wilayah Jateng (kami) harus menyiapkan, membantu, menghormati,” kata Ganjar di Solo, Kamis.

Ganjar pada Rabu (25/3) berada di Solo untuk bertakziah, lalu kembali lagi ke Semarang untuk memantau penanganan pasien Covid-19. Pada Kamis pagi dia kembali lagi ke Solo.

“Saya pribadi kenal Bu Noto sebagai anak buah Pak Jokowi dan sahabat. Ini sebagai bentuk penghormatan. Namun sebagai Gubernur, saya harus pulang (ke Semarang) karena mengecek kondisi pasien Covid-19. Kemudian tadi pagi saya lari ke sini,” katanya.

Jenazah Ibunda Presiden Jokowi dimakamkan di pemakaman keluarga di Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada Kamis pukul 13.00 WIB.

Wali Kota Surakarta kembali mengingatkan warga agar mematuhi imbauan dari pemerintah perihal pencegahan penularan Covid-19 dan mengimbau warga tidak ikut mengantarkan jenazah Ibunda Presiden Jokowi hingga ke permakaman.

“Cukup mendoakan dari rumah karena ini untuk menghindari kerumunan,” katanya.

Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, pada Rabu (25/3) meninggal dunia pada usia 77 tahun di Rumah Sakit Slamet Riyadi Solo, tempat dia menjalani perawatan akibat penyakit kanker yang dia derita sejak empat tahun lalu. (ant/ags/data2)