Jangan Dibuang! Kulit Buah dan Sayuran Ini Banyak Manfaatnya

Istimewa

Waspada.co.id – Kulit buah dan sayuran juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain daging buah buah dan sayuran yang memiliki banyak manfaat, beberapa kulit buah dan sayuran yang sering dibuang ternyata menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan. Penting untuk mengenali kulit buah dan sayuran apa saja yang bisa dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Selain rasanya yang segar dan nikmat dan memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak, buah dan sayuran juga dapat membangkitkan semangat sebelum beraktivitas. Setelah mengonsumsi daging buah dan sayuran, jangan lupa untuk mengonsumi beberapa kulit buah dan sayuran yang dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan juga kecantikan ini.

Kulit buah dan sayuran yang memiliki beberapa manfaat ini juga bisa dijadikan upaya untuk merawat kecantikan dari dalam. Banyak orang, khususnya wanita selalu berupaya agar dapat tampil cantik setiap hari. Selain mengupayakan kecantikan dari laur, seseorang juga perlu untuk memperhatikan energi dan asupan makanan agar tetap terlihat segar dan bersinar yang berasal dari dalam.

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, dengan mengonsumsi kulit buah dan sayuran juga dapat mengurangi limbah yang dapat mencemari lingkungan.

Berikut liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Senin (16/3/2020) macam kulit buah dan sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan.

Advertisement

Macam Kulit Buah dan Sayuran yang Bermanfaat

Beberapa kulit buah dan sayuran tersebut menarik untuk dicoba agar dapat memberikan manfaat positif bagi Anda yang ingin merawat kesehatan dan kecantikan secara alami.

1. Kulit Mentimun

Kulit buah dan sayuran yang pertama yang dapat dikonsumsi yaitu kulit mentimun. Sayuran satu ini biasanya disantap sebagai lalapan ditambah dengan beberapa sayuran lain untuk menambah kenikmatan saat menyantap makanan. Tak jarang, setelah dikupas kulit mentimun kemudian dibuang dan hanya daging mentimunnya saja yang dikonsumsi. Namun tahukah anda jika kulit mentimun terbukti ampuh menurunkan berat badan dan memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu, kulit mentimun juga memiliki manfaat untuk kesehatan tulang dan mempertajam penglihatan. Tentu saja, dalam kulit mentimun tersimpan zat-zat penting seperti Vitamin K, kaya serat, tinggi beta karotin dan berkalori rendah.

2. Kulit Mangga

Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini? Buah mangga adalah salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Dengan rasa daging buahnya yang terkadang asam dan manis, kulit buah dan sayuran yang satu ini juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. kulit mangga memiliki banyak kandungan seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Karena kandungannya itulah, kulit mangga memiliki manfaat untuk meremajakan kulit, melancarkan peredaran darah, diabetes, dan obat cacing.

3. Kulit Semangka

Buah yang memiliki banyak kandungan air ini memiliki manfaat untuk mencegah peradangan dan mengatasi sembelit. Selain daging buahnya yang bermanfaat untuk kesehatan, kulit buah semangka juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kulit buah dan sayuran yang satu ini mengandung asam amino citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah sehingga kesehatan bisa tetap terjaga. Khasiat lain dari kulit semangka di antaranya adalah menurunkan berat badan berlebih, membersihkan kulit menjadi lebih cerah, dan menambah nutrisi.

Kulit Buah dan Sayuran yang Bermanfaat bagi Kesehatan

4. Kulit Apel

Tidak semua orang tahu bahwa hampir semua khasiat kesehatan pada buah apel terletak pada kulitnya. Karena kulit apel mengandung beberapa zat baik bagi tubuh diantaranya yaitu quercetin, antioksidan, asam folat, kalsium dan flavonoid. Kulit buah dan sayuran yang satu ini memiliki khasiat untuk melindungi serangan kanker, kesehatan jantung dan pencernaan, mengatasi anemia, kesehartan tulang dan gigi, kesehatan mata, masalah pernapasan dan khasiat kesehatan lainnya.

5. Kulit Jeruk

Di balik rasa daging buahnya yang asam manis menyegarkan, ternyata kulit buah dan sayuran yang satu ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Kulit jeruk memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Tak hanya itu, kulit jeruk juga berkhasiat melancarkan pencernaan, mencegah sembelit dan mengatasi masalah pernafasan serta kesehatan mulut dan tenggorokan.

6. Kulit Lemon

Buah yang menyegarkan satu ini tentu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Namun tahukah kamu jika kulit lemon juga menyimpan segudang manfaat untuk kesahatan kamu. Kandungan vitamin C, senyawa pektin, potassium dan antioksidan yang terkandung dalam kulit buah dan sayuran yang satu ini memiliki manfaat untuk mencegah kanker, menghilangkan racun, memperkuat tulang dan gigi, menurunkan berat dan badan dan kolesterol.

Kulit Buah dan Sayuran yang Bermanfaat Lainnya

7. Kulit Pisang

Kulit buah dan sayuran selanjutnya yang menyimpan segudang manfaat untuk tubuh yakni kulit pisang. Daging buah pisang memiliki kandungan lutein dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan mampu mengatasi infeksi pada mata. Selain daging buahnya yang menyimpan segudang manfaat, kulit pisang bisa digunakan sebagai masker wajah agar membuat kulit lebih mulus. Selain itu, kulit pisang juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi, menghaluskan tumit yang pecah, dan bermanfaat bagi kesehatan umum lainnya.

8. Kulit Nanas

Siapa sangka kulit buah yang dikenal bertekstur keras dan kasar ini ternyata memiliki kandungan vitamin C dan serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan perut kembung. Sebagai anti-inflamasi, kulit nanas juga bermanfaat meredakan demam, asam urat, sinus dan peradangan. Kulit buah dan sayuran yang satu ini menarik dicoba untuk meredakan demam dan melancarkan pencernaan.

9. Kulit Kiwi

Kulit buah dan sayuran yang satu ini ternyata aman untuk dikonsumsi. Kulit buah kiwi ternyata punya kandungan senyawa felonik seperti flavonoid. Senyawa ini merupakan senyawa yang dapat mencegah kanker, peradangan, danberisfat anti-alergan. Anda bisa memakan kulit buah kiwi berwarna keemasan dengan bulu yang lebih halus maupun sedikit bulu. Keduanya mengandung manfaat yang sama. Atau Anda bisa menghaluskan buah kiwi utuh untuk dijadikan jus segar.

10. Kulit Bawang Putih

Kulit buah dan sayuran selanjutnya yang bisa dikonsumsi dan memiliki manfaat untuk kesehatan yakni bawang putih. Bawang putih termasuk ke dalam jenis umbi-umbian, yakni umbi lapis yang kulitnya menarik untuk dicoba. Kulit bawang putih ternyata punya banyak kandungan antioksidan. Sehingga jika mengupas kulitnya, Anda akan kehilangan sumber antioksidan yang ada pada kulit bawang putih. Menurut salah satu peneliti dari Wakunaga Pharmaceutical di Jepang, mengupas bawang putih dapat menghilangkan antioksidan fenilpropanoid yang ditemukan dalam membran beludru, yang dimana memiliki manfaat untuk melawan penuaan dini dan melindungi jantung.

Itulah beberapa kulit buah dan sayuran yang memiliki manfaat untuk kesehatan, bahkan untuk kecantikan. (liputan6.com/data3)