Inalum Bantu Pembinaan Karate di Sumut

WOL Photo/Ari
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – PT Inalum (Persero) turut andil dalam pembinaan olahraga Karate di Sumatera Utara. Bantuan tersebut diketahui di sela-sela Kejurda Cadet Junior di GOR Mini Futsal Disporasu, Jalan Williem Iskandar Medan, Minggu (8/3).

Kejurda ini dibuka langsung oleh Ketua Umum Pengprov Forki Sumut DR H Rahmat Shah. Kejurda mempertandingkan 36 kelas dan diikuti sebanyak 464 karateka berasal dari Pengcab Forki kabupaten/kota serta Pengprov Perguruan Karate anggota Forki se-Sumut.

Adapun bantuan Rp500 juta disalurkan kepada Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) Sumut untuk menggelar Kejurda, Seleksi Nasional, dan Kejuaraan Piala Panglima di Sumut sepanjang tahun ini.

“Hasil dari Kejurda ini akan dipersiapkan menghadapi Kejurnas memperebutkan Piala Panglima, yang berlangsung bulan Juni 2020 di Jakarta,” kata Ketua Panpel Kejurda Forki Sumut, AKP Janpiter Napitupulu SH MH, Minggu (8/3).

Di samping itu Forki Sumut juga akan menggelar seleksi nasional cadet Junior U-21 yang akan digelar pada 14-15 Maret 2020. Forki Sumut juga akan menggelar Piala Panglima TNI yang akan digelar pada 19-20 Juni mendatang.

iklan

Disebutkan, Kejurda yang sedang digelar juga sebagai ajang pencarian bibit-bibit karate daerah ini untuk dipersiapkan menghadapi PON XXI 2024, di mana Sumut-Aceh menjadi tuan rumah. Sebelumnya, panitia juga telah menggelar penataran/refresing wasit/juri dan akreditasi pelatih yang dilaksanakan 4-5 Maret 2020, di Gedung Serbaguna Sat Brimob Polda Sumut, Jalan KH Wahid Hasyim Medan.

Kegiatan yang dipandu oleh narasumber Dewan Wasit PB Forki Donald PL Kolopita SSN tersebut diikuti sebanyak 147 peserta, terdiri dari 83 peserta merupakan wasit/juri, 64 peserta akreditasi pelatih.

Sekretaris Perusahaan PT Inalum Mahyaruddin Ende didampingi Manajer Humas Bambang Heru dan Kepala Kantor Penghubung Inalum Medan Julian Feisal mengatakan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan atas prestasi olahraga Sumut, khususnya karate.

“Semoga bantuan ini bermanfaat untuk kemajuan dan kelahiran bibit-bibit baru di cabang olahraga karate. Tradisi medali emas yang biasa diraih dalam cabang karate kami harap dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan,” kata Ende. (wol/at/data3)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan