Cegah Virus Korona, Presiden Jokowi Minta Menteri Cari Terobosan Jangan Hanya Kerja Rutinitas

Presiden Joko Widodo (foto: Instagram/@jokowi)
agregasi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan kepada seluruh jajaran menterinya untuk tidak bekerja pada rutinitas. Apalagi saat ini kondisi global semakin berada dalam kondisi tidak pasti akibat wabah virus Korona.

Ini kondisi global semakin berada dalam kondisi ketidakpastian. Hal tersebut menyusul wabah virus Korona yang sudah menyebar ke beberapa negara di dunia.

“Yang pertama jangan bekerja pada rutinitas. Ini keadaannya tidak normal,” ujar Jokowi dalam acara Rakornas Kementerian Perdagangan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Menurut Jokowi, di tengah kondisi tidak pasti ini perlu adanya terobosan-terobosan dan inovasi dan sederhana. Sehingga ini bisa memperlancar aktivitas ekonomi baik dari sisi investasi maupun perdagangan.

“Sekali lagi jangan kerja normal dalam rutinitas. Carikan terobosan terobosan yang sederhana simpel tapi bisa menjadikan kelancaran aktivitas baik ekonomi secara makro, ekspor maupun impor,” jelasnya.

Advertisement

Sebab menurut Jokowi, wabah virus Korona ini berdampak pada penurunan aktivitas ekonomi Indonesia. Karena, seluruh sektor dari mulai perdagangan, pariwisata hingga investasi bisa terkena dampaknya.

“Dampaknya akan kita rasakan baik itu dari sisi penurunan aktivitas ekonomi, melambatnya kinerja di berbagai sektor baik perdagangan investasi,” jelasnya.

Selain itu, seluruh titik juga mulai terasa bagi seluruh industri dari mulai suplai hingga ke demand. Dari sisi suplai, pasokan barang baku jadi sedikit terhambat sedangkan kebutuhan akan barang sangat tinggi.

“Karena kita tahu kerusakan disrupsi ini sudah mengenai titik semua. Titik suplai kena, demand kena, produksi kena. kena semua jadi hati-hati jangan anggap ini hal biasa,” jelasnya.