Cegah Penyebaran Covid-19, Masyarakat Huta Raja Gelar Ritual

WOL Photo
Iklan

PALUTA, Waspada.co.id – Masyarakat Desa Huta Raja Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), menggelar ritual tolak bala untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19, Senin (30/3) malam. Di mana ritual tolak bala ini diikuti ratusan masyarakat yang bermukim di desa tersebut.

Pahattan Harahap (53), salah satu tokoh masyarakat Huta Raja mengatakan ritual tolak bala ini dilakukan sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus corona. Melalui ritual, masyarakat ingin meminta kepada Allah SWT agar virus corona tertolak penyebarannya di Desa Huta Raja ini.

“Memang sejak jauh hari kita sudah berkeinginan melakukan tolak bala. Selain itu ritual ini juga sudah sering kita lakukan jika ada wabah atau penyakit yang menyebar,” jelas Pahattan.

Adapun ritual tolak bala yang digelar dengan membaca ayat-ayat suci Al Quran, ratif dengan mengelilingi seluruh desa, dimulai dari halaman Masjid Nurul Ihwan hingga mengintari seluruh sudut Desa Huta Raja.

“Ini juga merupakan tradisi kita di desa ini yang sudah dilakukan turun-temurun. Karena terjadi wabah yang luar biasa, maka dilakukan upacara ini,” pungkasnya.(wol/bon/data3)

iklan

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan