Biaya Perawatan Moge Mahal? Ini Rinciannya

Ilustrasi (Foto: kompas)

Waspada.co.id – Perawatan secara rutin menjadi hal yang wajib bagi seluruh sepeda motor. Ini penting dilakukan untuk menjaga kondisi kendaraan, baik secara fisik maupun performa, agar tetap optimal.

Demikian juga dengan motor besar atau motor gede (moge). Apalagi, motor dengan kapasitas di atas 650 cc jarang digunakan sebagai kendaraan harian sehingga kondisinya tak terlalu prima.

“Kan memang kalau motor besar itu tidak keluar setiap hari, jadi kondisinya cenderung lebih cepat rusak daripada yang dipakai. Setahun belum tentu bisa 10.000 km,” ujar Susandy Sumargo, pemiliki Bimmer Motorcycle Specialist, salah satu bengkel spesialis produk BMW Motorrad di Jakarta.

a pun menjelaskan bahwa salah satu perawatan wajib semua motor adalah tetap dipanaskan meski tidak digunakan. lebih baik lagi jika diajak berkeliling agar suspensi dan semua sistem penggeraknya berfungsi dengan baik.

“Tentu servis rutin juga perlu ya. Kalau dari BMW Motorrad memang disarankan servis setelah 10-15 ribu km. Tapi kalau teman-teman biasanya 5 ribu km atau 2-3 bulan sekali,” tambahnya.

Advertisement

Sandy menyebut biaya perawatan motor besar, dalam hal ini BMW R1200 GS tak sampai Rp2 juta per bulan. Secara rinci, oli mesin 4 liter sekitar Rp1 jutaan, filter oli, dan biaya servis. (otosia.com/data3)