Balitbang Sumut Sediakan Bilik Desinfektan

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Menindaklanjuti arahan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berperan serta meminimalisir penyebaran virus Corona (Covid-19), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sumut menyediakan bilik desinfektan untuk pegawai dan warga di depan kantor, Jalan SM Raja Medan.

Selain menyediakan bilik desinfektan, Balitbang Sumut juga membagikan hand sanitizer sebanyak 300 dan sarung tangan sebanyak 200 untuk warga sekitar secara gratis.

“Aksi yang kami lakukan ini merupakan tindaklanjut dari arahan gubernur agar masing-masing kita berperan memberantas virus Corona. Selain untuk internal, bilik desinfektan ini juga untuk masyarakat sekitar,” ujar Kepala Balitbang Sumut, Irman, Jumat (27/3).

Dijelaskan, bilik desinfektan ini diproduksi oleh tenaga profesional di Balitbang Sumut yang selama ini berfungsi sebagai fungsional secara mandiri. Irman juga menyebutkan pihaknya membuka diri jika ada OPD Sumut yang ingin berdiskusi untuk membuat bilik desinfektan tersebut.
“Kita membuka diri untuk itu. Tapi saya yakin OPD lain juga pasti mengerjakan hal yang sama tinggal waktunya saja. Sebab Pak Gubernur sudah mengingatkan Kepala OPD untuk membuat yang terbaik bagi masyarakat dalam situasi seperti ini,” terang Irman.

“Tidak sulit. Insya Allah yang penting niatnya. Harapan kita semoga upaya yang sederhana ini dapat membantu Provinsi Sumatera Utara dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih,” kata Irman.

Advertisement

Dari pantauan di depan kantor Balitbang Sumut, sejumlah warga terlihat antusias untuk menggunakan bilik desinfektan tersebut. Satu per satu warga masuk ke dalam bilik untuk disemprot otomatis dan diberikan hand sanitizer serta sarung tangan gratis.

“Kami jelas mendukunglah upaya seperti ini. Apalagi dari segi umur saya ini kan rentan katanya terpapar virus Corona. Makanya, kami sangat berterima kasih lah ada seperti ini,” ujar Sri Mahyuni, warga Kelurahan Teladan Barat, Medan Kota.

“Sangat membantu sekali seperti ini. Apalagi saya juga kan sopir ojol tentu sangat rentan. Selama ini nggak tahu setiap hari siapa saja yang saya bawa entah pun sudah membawa virus. Kalau ada setiap hari, saya mau singgah di sini karena bermanfaat kali lah,” kata M Nasir, warga Kelurahan Teladan Barat lainnya.(wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL