21 Pasar Tradisional Disemprot Cairan Desinfektan di Medan

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Pemko Medan terus bekerja keras untuk mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Kota Medan.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution, kembali menurunkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan yang juga selaku Team Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk melakukan penyemprotan cairan desinfektan. Kali ini, penyemprotan difokuskan di 21 pasar tradisional yang ada di Kota Medan.

Dipilihnya pasar sebagai lokasi penyemprotan cairan desinfektan, karena setiap harinya dipenuhi para pengunjung untuk melakukan transaksi jual beli. Dengan penyemprotan yang dilakukan tersebut, diharapkan Virus Corona tidak menyebar luas di 21 pasar tradisional tersebut, sehingga masyarakat dan pedagang dapat merasa tenang dan nyaman.

Ada pun 21 pasar tradisionil yang disemprot itu yakni Pusat Pasar Medan, Pasar Sambu, Pasar Sambas, Pasar Kemiri, Pasar Bakti, Pasar Halat Pasar Sukaramai, Pasar Kampung Baru, Pasar Kuala Bekala, Pasar Simalingkar, Pasar Induk Laucih, Pasar Padang Bulan, Pasar Muaratakus, Pasar Sei Sikambing, Pasar Petisah Tahap 1, Pasar Petisah Tahap 2, Pasar Kampung Lalang, Pasar Sunggal, Pasar Helvetia, Pasar Glugur dan Pasar Sentosa Baru.

Dalam melakukan penyemprotan cairan disinfektan ini, BPBD Kota Medan yang menurunkan 69 orang personel dibantu petugas Kodim 0201/BS, Babinsa sebanyak 30 personil, Polrestabes Medan sebanyak 30 personil. Selain itu Satpol PP Kota Medan juga menerjunkan personilnya sebanyak 28 personil, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan dan PD Pasar Kota Medan.

Advertisement

Dikatakan Akhyar Kamis (26/3), sebelum penyemprotan dilakukan, seluruh personel lebih dulu mengikuti apel gabungan di halaman kantor BPBD Kota Medan dipimpin langsung Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring didampingi Pasiter Kodim 0201/BS Medan Kapten Inf R Sembiring dan Kabag Ops Polrestabes Medan.

Dalam apel itu Arjuna pun memberikan sejumlah arahan agar penyemprotan yang dilaksanakan berjalan lancar dan mampu memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

Usai apel, seluruh personel pun bergerak menuju pasar yang telah ditetapkan. Dengan mengenakan pakaian pelindung warna kuning dan mengenakan topi serta masker, penyemprotan pun dimulai setelah pasar lebih dulu dikosongkan sejenak. Seluruh ruangan pasar tak ada yang luput dari penyemprotan cairan desifektan tersebut.

Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring, mengatakan penyemprotan dilakukan menindaklanjuti instruksi Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution.

“Bapak Plt Wali Kota minta agar penyemprotan cairan disinfektan harus terus dilakukan, terutama tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang seperti pasar ini sebagai upaya pencegahan dan menekan jumlah menyebarluasnya virus corona di Kota Medan,” tukas Arjuna.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN