2023, PLTA Asahan 3 Targetkan Tingkatkan Keadalan Listrik Sumut

Foto: Istimewa
Iklan

SUMUT, Waspada.co.id – Ditargetkan 2023, PLTA Asahan 3 berdaya 174 M (2 x 87 MW) akan meningkatkan mutu dan keandalan pasokan listrik di Sumut khususnya kabupaten Asahan dan Tobasa sekitarnya.

Di mana target tersebut untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air yang diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 5T dari PMA asal Jepang. Dengan listrik yang stabil dan handal, maka roda ekonomi masyarakat yang saat ini masih bertumpu pada sektor perkebunan akan dapat ditingkatkan,

Asisten Manager PLTA Asahan 3, Rahmadi yang mewakili Manager PLTA Asahan 3 Agil Darmawan menuturkan PLTA ini akan meningkatkan pendapatan daerah Asahan 3 , berupa pajak penggunaan air PLTA Asahan yang nilainya dapat mencapai Rp110.775.000.000 per tahun. Meningkatkan peluang tenaga kerja.

“Saat ini ada 800 tenaga kerja, termasuk dari Jepang. Juga akan menambah penyerapan tenaga kerja lokal, disamping itu secara tidak langsung akan membuka peluang dalam hal berbagi informasi/pengetahuan,” tuturnya didampingi Bidang Komunikasi PLN UIP Kitsum Fauzi Damanik di lokasi proyek Desa Batu Mamak Kecamatan Aek Songsongan , Asahan, Senin (9/3).

Keberadaan PLTA Asahan akan meningkatkan bauran energi pembangkit EBT sebesar 3,3 % sehingga dapat mengurangi penggunaan pembangkit berbahan bakar fosil.

iklan

“Dengan beroperasinya PLTA Asahan 3 akan dapat menurunkan BPP di Sumatera Bagian Utara sekitar Rp72/kWh. Sehingga terdapat potensi penghematan sebesar Rp. 1,9 Triliyun per tahun. Sebagai informasi bahwa BPP Sistem Kelistrikan Sumatera Bagian Utara saat ini adalah Rp 1.593 / kWh”ucapnya.

Tentu beroperasinya PLTA Asahan 3 maka berpotensi untuk penambahan pelanggan rumah tanggasebesar 241.000 rumah (asumsi menggunakan 900 VA. Pembangunan PLTA Asahan 3 hingga kini masih terus berjalan. Hingga kini progres pengerjaan sudah mencapai 5 persen.

Pengerjaan pembangkit listrik tenaga air yang terletak di 2 kabupaten yakni kabupaten Asahan dan Toba ini dibagi menjadi 5 lot pengerjaan,ungkapnya.

“Di mana proyek pembangunan PLTA Asahan 3 ini merupakan proyek pengadaan listrik PLN jangka panjang yang diharapkan mampu menampung kebutuhan listrik masyarakat di Sumatera Utara,”tandasnya.(wol/rls/data3)

Iklan