Souvenir, Bakal Menjadi Produk Unggulan Industri Kreatif Medan

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan menggelar press conference, Kompetisi Desain Souvenir Kota Medan Tahun 2020 di Museum Perkebunan Indonesia Jalan Brigjend Katamso Medan, Jumat (14/2) sore kemarin.

Tujuannya untuk melibatkan para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Medan agar dapat menuangkan ide-ide mereka yang kemudian diwujudkan ke dalam bentuk oleh-oleh khas Kota Medan.

Press conference yang dipimpin Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono, mendapat respon yang luar biasa dari para peserta. Diharapkan dapat melibatkan peran serta masyarakat dan juga dapat mengembangkan secara luas sektor industri kreatif yang ada di Kota Medan. Selain itu, juga diharapkan seluruh komponen masyarakat ikut serta baik dari pelajar, mahasiswa, masyarakat bahkan pelaku ekonomi kreatif yang ada.

Dikatakan Agus, kompetisi ini merupakan langkah awal untuk menjadi lebih majunya para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Medan. Para pelaku ekonomi kreatif tersebut nantinya dapat mengembangkan inovasi dan produknya sehingga bisa menghasilkan produk yang bisa membawa kenangan kepada siapapun yang datang ke Kota Medan, bahwasannya Medan memiliki souvenir membanggakan yang merupakan hasil kompetisi saat ini.

“Hal ini merupakan langkah awal yang dilakukan Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan dalam memajukan para pelaku ekonomi kreatif. Souvenir yang dihasilkan dalam perlombaan ini tentunya harus memiliki nilai jual dan dibutuhkan oleh para wisatawan,” kata Agus.

Advertisement

Lebih lanjut Agus juga menjelaskan, rencananya kompetisi tersebut akan digelar mulai tanggal 14 Februari hingga 26 Maret mendatang. Agus juga menyatakan bahwa siapapun dipersilahkan ikut asalkan Ia warga Medan (memiliki KTP Medan), terkecuali keluarga dari pihak panitia dan staf dari Dinas Pariwisata Kota Medan tidak boleh mengikuti perlombaan tersebut dan tentunya sesuai aturan lainnya yang telah ditentukan oleh pihak panitia.

“Sejak diadakannya press conference ini sampai nanti pada pengumuman pemenang perlombaan tanggal 27 Maret masyarakat diperbolehkan ikut serta dalam perlombaan tersebut. Kepada seluruh masyarakat Kota Medan tidak terbatas siapapun itu yang ingin ikut lomba memberikan sumbangsihnya untuk kemajuan pelaku ekonomi kreatif secara khusus dan mengembangkan serta memajukan pariwisata Kota Medan secara umum kami persilahkan untuk mengikuti kompetisi desain souvenir ini,” jelas Agus.

Agus berharap, dengan kompetisi ini dapat menghasilkan suatu produk yang bisa mengangkat kualitas souvenir warga Kota Medan. Oleh karena itu, siapapun yang ikut berarti ikut andil berpartisipasi menyumbangkan tenaga dan fikirannya untuk memajukan pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata Kota Medan.

“Diharapkan melalui kompetisi ini dapat menghasilkan suatu produk yang menjadi kebanggan Kota Medan. Selain itu juga dapat menambah daya tarik wisatawan sehingga dapat memajukan para pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata yang ada di Kota Medan,” harapnya.

Pada kesempatan ini, Agus juga mengajak seluruh masyarakat Kota Medan untuk ikut berpartisipasi bersama Pemko Medan memajukan ekonomi kreatif dan pariwisata Kota Medan.

“Mari beramai-ramai ikut perlombaan tersebut karena akan ada hadiah menarik berupa uang tunai senilai Rp15 juta. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di akun media sosial Dinas Pariwisata Kota Medan,” ungkap Agus.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN