Shin Tae-yong Bongkar Kelemahan Timnas

Foto: Antara

JAKARTA, Waspada.co.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan kekalahan 1-4 dari Persita Tangerang di laga uji coba, Jumat (21/2), disebabkan kondisi fisik anak asuhnya yang belum ideal. Hal itu memengaruhi penampilan mereka di dalam lapangan.

Shin menjelaskan belum menerapkan taktik dan strategi yang spesifik saat lawan Persita. Pelatih asal Korsel itu memilih fokus pada mental bertanding anak asuhnya dan mengamati kemampuan individu.

“Untuk kali ini strategi sama sekali tidak diaplikasikan ke pemain tapi lebih ke mental atau fisik. Anak-anak sangat capek dan kemampuan masing-masing saya baru tahu sampai level ini, karena sebelumnya belum ada uji coba,” ujarnya.

Menurut Shin, laga uji coba kontra Persita jadi pembelajaran yang baik bagi timnya. Ke depannya, pada pemusatan latihan bulan Maret nanti, sang pelatih akan memberikan latihan taktik dan strategi.

Hal ini mengingat skuad Garuda akan melawan Thailand pada 26 Maret mendatang di babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022. Setelah itu, Merah Putih akan menghadapi Uni Emirat Arab di Bali.

Advertisement

“Kami mulai latihan tanggal 15 Februari nanti dan kami latihan dua kali sehari, pagi dan sore ada latihan fisik selama 40 menit. Karena capek dan berat, makanya hasil laga (lawan Persita) seperti ini,” tuturnya.

Pada laga uji coba itu, satu-satunya gol timnas ke gawang Persita diciptakan oleh Rizky Pora. Empat gol tim Pendekar Cisadaen dicetak oleh Samsul Arif, Eldar Hasanovic, Aldi Al Achyam dan bunuh diri Rachmat Irianto. (wol/aa/twt/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL