Sekdaprovsu Serahkan Penghargaan Adiwiyata  Kepada 145 Sekolah

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

LUBUKPAKAM, Waspada.co.id – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), Dr Hj R Sabrina, menyerahkan penghargaan Adiwiyata 2019 kepada 145 sekolah di Sumut di Aula Cendana Kantor Bupati Deliserdang Lubukpakam, Senin (24/2).

Sekolah penerima penghargaan tersebut terdiri atas SD, Madrasah Ibtidaiyah, SMP, Madrasah Tsanawiyah, SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah di Kabupaten Deliserdang (78 sekolah), Langkat (1), Tapanuli Tengah (31), Tapanuli Utara (13), Tapanuli Selatan (3), Kota Medan (14), dan lima asal Binjai.

“Penghargaan diberikan karena kepedulian sekolah kepada lingkungan hidup. Salah satu kriteria penilaian adalah penghijauan. Tujuannya agar pendidikan lingkungan dapat mewujudkan Sumut yang lestari dan berwawasan lingkungan hidup,” ujar Sabrina.

Dikatakan juga, penghargaan Adiwiyata merupakan bentuk komitmen yang kuat dari semua unsur dalam dunia pendidikan. Sekolah Adiwiyata pun diharapkan dapat menghasilkan anak-anak didik berkarakter, peduli, dan berbudaya lingkungan.

“Tujuannya adalah pendidikan lingkungan dapat mewujudkan Sumut yang lestari dan berwawasan lingkungan hidup. Selain itu, penghargaan tersebut juga dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab kepala sekolah beserta pendidik untuk bekerja keras mewujudkan pembangunan lingkungan hidup yang berkelanjutan,” kata Sekdaprovsu.

Advertisement

Wakil Bupati Deliserdang, M Ali Yusuf Siregar, mengatakan program bertujuan mendorong terciptanya kesadaran sekolah melestarikan lingkungan diwujudkan melalui pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif serta pengelolaan sarana pendukung sekolah berbudaya lingkungan.(wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL