Peringatan Virus Corona Naik ke Tingkat Tertinggi, Kemlu Keluarkan Imbauan untuk WNI di Korea Selatan

ilustrasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI) mengeluarkan imbauan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal atau melakukan perjalanan ke Korea Selatan sehubungan dengan meningkatnya jumlah kasus infeksi virus corona baru, Covid-19 yang dikonfirmasi di negara itu.

“Mencermati merebaknya wabah COVID-19 di Korea Selatan, kami mengimbau Anda yang sedang dan/atau akan bepergian ke Korea Selatan agar meningkatkan kehati-hatian dan tidak melakukan perjalanan khususnya ke wilayah Daegu dan Gyeongsang Bukdo,” demikian imbauan Kemlu RI yang disampaikan melalui Safe Travel, Senin (24/2).

Kemlu RI juga mengimbau WNI di Korea Selatan untuk meningkatkan kewaspadaan, menjaga stamina fisik dan psikis, menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Langkah-langkah pencegahan lain, seperti mencuci tangan dengan sabun, memakan daging yang dimasak sempurna, mengurangi interaksi di keramaian publik, juga sangat disarankan untuk dilakukan.

WNI di Korea Selatan juga diimbau untuk terus memantau informasi dari otoritas setempat dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul.

Sebelumnya, Korea Selatan telah meningkatkan tingkat kewaspadaannya terhadap penyakit virus korona baru, atau Covid-19, ke tingkat tertinggi. Presiden Moon Jae-in mendesak para pejabat agar tidak ragu-ragu mengambil “langkah-langkah tegas yang belum pernah dilakukan sebelumnya” untuk mengatasi wabah tersebut.

Advertisement

Sementara beberapa kasus baru dilaporkan pada Minggu, 23 Februari 2020, Moon mengatakan bahwa “beberapa hari ke depan akan sangat penting”, menyusul pertemuan pemerintah tentang virus tersebut.

Menurut laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan yang dilansir VOA, Senin (24/2), dari 123 penderita baru yang dilaporkan pada Minggu, 113 penderita berada di Daegu, kota terbesar keempat di Korea Selatan, dan daerah sekitarnya. Saat ini terdapat 556 orang yang dilaporkan terjangkit virus corona di Korea Selatan.

Kota Daegu dan Gyeongsang Bukdo merupakan dua daerah dengan kasus infeksi Covid-19 terbanyak di Korea Selatan. Hingga Senin, telah dikonfirmasi 763 kasus penularan Covid-19, 115 di antaranya terjadi di Daegu, dengan tujuh korban meninggal dunia akibat virus tersebut. (okz/data2)