Peradi RBA Jajaki Kerja Sama Dengan DPRD Medan

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Perhimpunan Advokat Indonesia Rumah Bersama Advokat (Peradi RBA) Kota Medan jajaki kemungkinan kerja sama dengan DPRD Medan. Kerja sama di maksud dalam hal konsultasi hukum, seminar hukum atau sebagai dewan pakar dalam pembuatan peraturan daerah (Perda).

Hal itu terungkap dalam pembicaraan antara panitia pelantikan pengurus Peradi RBA kota Medan dengan Ketua DPRD Medan Hasyim SE, Rabu (26/2), di ruang kerja Ketua DPRD Medan. Hasyim menyatakan, kerja sama itu bisa saja terjadi asal sesuai dengan regulasi atau peraturan.

“Selama ini kita belum memiliki konsultan hukum dan dalam pembuatan Perda DPRD Medan selalu bekerja sama dengan beberapa universitas yang ada di Kota Medan,” ujar Hasyim.

Untuk itu Hasyim menganjurkan kepada Peradi RBA Kota Medan guna berkoordinasi dengan bagian hukum di lembaga legislatif. Jika kerja sama tersebut memungkinkan itu bisa jadi inovasi baru di lingkungan DPRD Kota Medan, karena selama ini belum pernah ada tambahnya.

Sebelumnya, ketua panitia pelantikan Gerald Siahaan didampingi Ketua pusat bantuan hukum Safril, Maya Siahaan, dan Michael Sihombing menyampaikan salam dari Ketua Peradi RBA Medan Hendrick PS Napitupulu yang berhalangan mendampingi rombongan.

Advertisement

Kepada Hasyim, Gerald Siahaan juga menawarkan untuk melakukan diskusi publik antara Peradi, DPRD Medan dan KPK RI. Diskusi tersebut dimaksudkan untuk menghindarkan anggota dewan dari perbuatan korup juga menambah wawasan hukum.

Pada kesempatan itu, Gerald juga menyampaikan bahwa Hasyim perwakilan dari undangan untuk memberi kata sambutan.

“Terima kasih atas penghargaan kepada saya untuk memberikan kata sambutan dan untuk penawaran kerja sama nanti kita realisasikan jika undang-undang tidak melarangnya,” ucap Hasyim mengakhiri.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN