Menangi Australia Terbuka, Sofia Kenin Juara Grand Slam Termuda

foto: twitter

MELBOURNE, Waspada.co.id – Sofia Kenin berhasil meraih gelar juara tunggal putri Australian Open 2020 dengan mengalahkan mantan petenis nomor satu dunia asal Spanyol, Garbine Muguruza.

Bertanding di Rod Laver Arena, Melbourne, Sabtu (1/2), Kenin menundukkan Muguruza 4-6, 6-2, 6-2. Menghadapi Muguruza yang lebih berpengalaman tampil di final grand slam, Kenin harus berjuang keras meraih kemenangan dalam pertandingan yang berlangsung selama dua jam tiga menit.

“Impian saya secara resmi menjadi kenyataan. Mimpi menjadi kenyataan. Jadi jika Anda memiliki mimpi, lakukanlah, dan itu akan menjadi kenyataan,” ujar Kenin sambil berderai air mata.

Raihan gelar petenis AS tersebut di Australia Terbuka 2020 menjadikannya peraih gelar grand slam termuda di turnamen ini sejak tahun 2008 lalu. Kala itu, Maria Sharapova menjadi peraih gelar termuda pertama di usia 20 tahun.

Tak hanya itu, gelar Australia Terbuka 2020 juga berarti banyak untuk Kenin yang menandai kebangkitannya dan kini dianggap menjadii salah satu penantang serius setelah sebelumnya Negeri Paman Sam lebih banyak mengelu-elukan nama Cori Gauff.

Advertisement

Kini, Kenin berhasil mengelahkan petenis berusia 15 tahun tersebut dan otomatis perhatian publik AS pun mengarah kepadanya. Usai Australia Terbuka, Kenin akan naik ke peringkat tujuh WTA pada Senin (3/2) lusa sekaligus menjadi petenis AS termuda yang menapaki peringkat 10 Besar dunia sejak Serena Williams pada tahun 1999. (wol/aa/ausopen/ys/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL