Jelang Sensus 2020, Kemendagri Jamin Keamanan Data Penduduk

Deputi Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono dalam diskusi di Kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020). (KOMPAS.com/Dian Erika )
Iklan
agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Menjelang pelaksanaan sensus penduduk yang akan digelar pada tahun ini, pemerintah menjamin keamanan data setiap masyarakat yang telah diserahkan kepada pihak dukcapil sebanyak 266 juta data penduduk.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), I Gede Suratha dalam diskusi yang bertajuk ‘SP2020: Satu Data Indonesia’.

Diketahui, data dari jumlah penduduk tersebut telah diserahkan ke dukcapil oleh Kemendagri pada 25 November 2019 lalu, berdasarkan catatan yang dihimpun per Juni 2019.

“Data kependudukan kita sampai saat ini aman,” ucap Gede di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020).

Gede menjelaskan, jika sistem informasi administrasi kependudukan yang dikelola hingga saat ini masih terjamin keamananya. Hal itu juga didukung oleh pendampingan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

iklan

“Dan mudah-mudahan tidak ada yang berhasil menembus, dan sampai saat ini belum ada yang melaporkan bisa menembus ke database kependudukan kita,” tuturnya.

“Sehingga, jika tidak ada kesengajaan atau kejahatan, harusnya data kita terjamin keamananya. Jadi, mudah-mudahan ini dijaga oleh kita semua,” ujar Gede.

Iklan