Edy Berharap SMKN 1 Ulu Pungkut Jadi Sekolah Unggulan

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

HUTA PADANG, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meresmikan SMK Negeri 1 Ulu Pungkut di Desa Huta Padang, Kecamatan Ulu Pungkut, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sabtu (22/2). Unit sekolah baru (USB) ini diharapkan menjadi sekolah unggulan yang diisi guru-guru dan siswa terbaik di Sumut.

“Ini akan terus kita bangun, saya sampaikan kepada Kepala Dinas Perkim agar membangun rumah dinas untuk guru-guru yang mengajar di sini. Karena saya tak mau guru yang mengajar di sini sembarangan. Saya ingin ini menjadi sekolah unggulan,” ujar Edy.

Gubsu menjelaskan di sekolah baru yang memiliki enam ruang kelas dan lahan untuk praktik ini, siswa belajar tentang pertanian, perkebunan, dan peternakan serta praktik langsung mulai dari budidaya hingga pengolahan produk pertaniannya.

“Nantinya lulusan dari sini harus bersama-sama mengelola dan mengembangkan pertanian yang ada di sini. Semoga anak-anak kita nanti bisa mewujudkan pertanian yang maju,” kata Gubsu lagi.

Usai memberi arahan, Gubsu menandatangani empat prasasti pembangunan, yakni prasasti Gedung SMKN 1 Ulu Pungkut, Jembatan Aek Inumon, Jembatan Gantung di Desa Kampung Baru, dan Rumah Relokasi Korban Bencana dan Infrastruktur di Desa Dulu Lombang. Selain itu bantuan peralatan olahraga diterima Kepala SMKN 1 Ulu Pungkut Airiah Elvina Sari Pulungan.

Advertisement

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Arsyad Lubis, mengatakan bahwa ini merupakan realisasi dari visi misi Gubernur Sumut tahun 2018-2023. Di mana salah satu poinnya adalah membangun SMK dan SMA di setiap kecamatan. Dipilihnya Kecamatan Ulu Pungkut karena potensi daerahnya adalah perkebunan dan salah satunya adalah kopi.

Arsyad juga menjelaskan SMKN 1 Ulu Pungkut sudah memiliki 28 siswa yang sedang dititipbelajarkan di SMK Huta Nopan. Mewakili tokoh masyarakat, Maslin Batubara berharap Gubsu dan Pemprovsu membangun SMA di Ulu Pungkut. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL