Dukung Pemulangan WNI Eks ISIS, Fadli Zon: Kembalikan Mereka ke Jalan yang Benar

Anggota Komisi I DPR RI, Fadli Zon (Foto: Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)
agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Anggota Komisi I DPR, Fadli Zon menilai langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak tepat setelah mengisyaratkan menolak kepulangan warga negara Indonesia (WNI) eks kelompok teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

“Menurut saya tak tepat karena bagaimana pun mereka adalah WNI,” kata Fadli Zon di Kantor DPP Gerindra, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020).

Fadli menilai, pemerintah harus mengambil satu kajian terkait persoalan rencana pemulangan sekitar 600 WNI eks ISIS tersebut. Pasalnya, menurut dia, WNI yang terdiri dari anak-anak dan perempuan tersebut juga merupakan korban.

“Ada anak-anak dibawa mereka, tak tahu apa yang terjadi di sana,” tutur dia.

Politisi Partai Gerindra itu menerangkan bahwa banyak anak-anak yang tak berdosa dibawa ke timur tengah setelah orangtuanya bergabung dengan ISIS. Namun, lanjut Fadli, mereka menyesal telah bergabung dengan kelompok teroris tersebut setelah dipenjara.

Advertisement

“Kemudian ayahnya dipenjara sekarang ayahnya baru sadar bahwa apa yang dia lakukan salah. Ibaratnya mereka itu tersesat. Kalau memang mereka mau kembali harus kita kembalikan ke jalan yang benar sebagai warga negara. Jadi, jangan begitulah,” lanjut dia.

Fadli meminta pemerintah tak mengambil keputusan hanya melihat secara kasus terkait WNI eks ISIS di timur tengah tersebut.

Ia menambahkan bahwa selama ini telah banyak pihak yang dirugikan karena kasus terorisme. Fadli ingin keluarga mantan teroris yang tidak terlibat apa-apa juga terbawa dalam kasus terorisme tersebut.

“Kecuali mungkin orang-orang memang secara sadar melakukan tindakan-tindakan yang sudah betul-betul merugikan banyak orang, terorisme dan sebagainya. Tapi banyak juga dari mereka yang terbawa-bawa saja. Bahkan yang keluarganya itu tidak tahu apa-apa,” tandasnya.