Cetak Sejarah dan Bikin Bangga Asia! “Parasite” Menang Film Terbaik Oscar 2020

Bong Joon Ho, kiri, dan Han Jin Won menerima penghargaan untuk naskah film asli terbaik "Parasite" di Oscar pada hari Minggu, 9 Februari 2020, di Dolby Theatre di Los Angeles. (Chris Pizzello/AP)

LOS ANGELES, Waspada.co.id – Film “Parasite” menjadi pemenang film terbaik di Oscar 2020. Ini sekaligus mengukir sejarah untuk perfilman Asia di pagelaran bergengsi insan film, Oscar pertama kali.

Film garapan sutradara Bong Joon Ho dan Han Jin Won ini mengalahkan 8 film lainnya yang tak kalah menarik, yakni Marriage Story, Joker, 1917, Once Open a Time in Hollywood dan lainnya.

Sebelumnya, Film yang penuh intrik itu memenangkan kategori Skenario Asli Terbaik (Best Original Screenplay). Film yang dibintangi Song Kang Ho dan Lee Sun Gyun ini adalah film Korea pertama yang berhasil masuk dalam kategori Best Picture di Oscar 2020.

Sedikitnya, Parasite juga menerima enam nominasi, termasuk Best Picture. Beberapa di antaranya Film Terbaik, Naskah Asli Terbaik, Sutradara, Film Editing, Desain Produksi dan International Feature.

“Kami tidak pernah membayangkan hal ini, kami sangat bahagia,” ujar salah satu tim produksi Parasite saat menerima piala Oscar.

Advertisement

Parasite memenangkan kategori Best International Feature Film (Film Internasional Terbaik) Oscar 2020.

Film ini berhasil mengalahkan nominasi lainnya yakni Corpus Christy (Polandia-Prancis), Honeyland (Macedonia), Les Mirables (Prancis) dan Pain and Glory (Spanyol), demikian seperti dikutip dari laman resmi Oscar 2020 melalui akun @TheAcademy.

Film ini bercerita tentang keluarga Ki-taek yang beranggotakan empat orang pengangguran dengan masa depan suram yang menanti mereka. Suatu hari Ki-woo anak laki-laki tertua direkomendasikan oleh sahabatnya yang merupakan seorang mahasiswa dari universitas bergengsi agar Ki-woo menjadi guru les yang dibayar mahal dan membuka secercah harapan penghasilan tetap.

Dengan penuh restu serta harapan besar dari keluarga, Ki-woo menuju ke rumah keluarga Park untuk wawancara. Setibanya di rumah Mr. Park pemilik perusahaan IT global, Ki-woo bertemu dengan Yeon-kyo, wanita muda yang cantik di rumah itu.

Setelah pertemuan itu, beragam kejadian pun dimulai.

Selain menang kategori Film Internasional Terbaik, Parasite juga memenangkan kategori Skenario Asli Terbaik (Best Original Screenplay) dan mengalahkan nominasi lain seperti Knives Out (Lionsgate), Marriage Story (Netflix), 1917 (Universal), dan Once Upon a Time in Hollywood (Sony/Columbia). (wol/oscar website/berbagai sumber/data2)