Sadio Mane Bangga Jadi Pemain Terbaik Afrika

foto: twitter

Hurghada, Waspada.co.id – Tahun 2019 menjadi tahunnya Sadio Mane, setelah terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika untuk pertama kali dalam kariernya, Rabu (8/1).

Penyerang Liverpool tersebut tampil gemilang sepanjang tahun dengan mengantar The Reds menjuarai Liga Champions dan finish runner-up Liga Premier. Striker Timnas Senegal itu mencetak 26 gol dan lima assist dari 50 penampilannya untuk Liverpool musim lalu serta meloloskan negaranya ke final Piala Afrika.

Dalam voting Pemain Terbaik Afrika 2019, Mane mendulang 477 suara atau unggul di depan rekan setimnya Mohamed Salah yang mengumpulkan 325 suara dan bintang Manchester City asal Aljazair, Riyad Mahrez (267 suara).

“Jika boleh jujur, saya lebih suka bermain sepakbola ketimbang berbicara di depan banyak orang penting seperti ini,” ujarnya di atas panggung.

“Sepakbola adalah pekerjaan saya – saya menyukainya. Saya sangat senang dan sangat bangga di waktu bersamaan untuk memenangkan penghargaan ini. Saya ingin berterima kasih kepada keluarga, terutama paman saya yang ada di sini serta tim nasional dan rekan setim di Liverpool, staf kepelatihan dan semua orang,” lanjut Mane.

Advertisement

“Ini adalah hari besar untuk saya. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang Senegal. Merekalah yang mendorong saya. Saya berasal dari desa yang sangat kecil, Bambali, saya yakin mereka semua menyaksikan saya di televisi,” pungkasnya.

Selain itu, Liverpool juga mendominasi starting XI terbaik. Federasi Sepakbola Afrika (CAF) mengumumkan tim asuhan Jurgen Klopp diwakili tiga pemain. Mereka adalah Mohamed Salah, Joel Matip, dan tentu saja Mane. Striker tersisa adalah Pierre-Emerick Aubameyang (Gabon/Arsenal).

Idrissa Gana Gueye (Senegal/PSG), Hakim Ziyech (Maroko/Ajax), dan Mahrez mengisi lini tengah. Setelah Matip, pertahanan dikawal oleh Serge Aurier (Pantai Gading/Tottenham Hotspur), Kalidou Koulibaly (Senegal/Napoli), dan Achraf Hakimi (Maroko/Borussia Dortmund). Posisi kiper dipercayakan kepada Andre Onana (Kamerun/Ajax). (wol/aa/dm/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL