Polda Sumut Tangkap 3 Pelaku Jual Satwa Dilindungi

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Dit Reskrimsus Polda Sumut mengungkap kasus jual beli satwa yang dilindungi di Perumahan Rorinata Residence, Desa Tanjung Selamat, Kecamatan Sunggal, dan di Jalan Sampul, Kelurahan Sei Putih Baru, Kecamatan Medan Petisah.

Dalam pengungkapan itu, petugas mengamankan tiga pelaku dari dua lokasi berbeda dengan barang bukti satwa dilindungi.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Rabu (15/1), mengatakan awalnya Tim Subdit 4 Unit 3 Tipiter Dit Reskrimsus Polda Sumut mengamankan pelaku atas nama IR alias Baday di Perumahan Rorinata dan LP di Jalan Sampul Sei Putih Baru.

Dari rumah IR telah ditemukan satwa dilindungi 1 ekor burung kakak tua jambul kuning, 3 ekor burung nuri timur.

“Selanjutnya, tim melakukan pengembangan dan dari pengakuan IR tim berhasil mengamankan 1 ekor burung kakak tua jambul kuning dari tangan PHH (anggota Res Langkat) yang datang ke kediaman IR,” katanya.

Advertisement

Tak sampai di situ, Tatan menuturkan petugas melakukan pengembangan terhadap LP di Jalan Sampul, Kelurahan Sei Putih Baru, dan berhasil mengamankan 1 ekor beruang madu yang rencananya hendak dijual.

“LP mengakui bahwa beruang madu tersebut diperoleh dari seorang pemburu asal Pekanbaru dan hendak dijual dengan harga Rp15 juta ke IR,” tuturnya.

“Dari operasi ini, tim berhasil mengamankan 3 pelaku beserta barang bukti satwa yang dilindungi didampingi tim dari BBKSDA Sumut. Ketiga pelaku langsung diamankan karena tidak bisa menunjukkan surat-surat ijin kepemilikan satwa dilindungi,” pungkasnya.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN