Pemerintah Mulai Sensus Warga Paluta

foto: ist

PALUTA, Waspada.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Provinsi Sumatera Utara gencar melakukan sosialisasi pelaksanaan Sensus Penduduk tahun 2020.

Kepala BPS Paluta, Endra SE, kepada Waspada Online mengatakan bahwa pelaksanaan sensus penduduk kali ini mengambil tema ‘Mencatat Indonesia’ yang hanya berlangsung 10 tahun sekali dan akan mendata seluruh penduduk Indonesia.

Dijelaskan, ada dua tahapan yang dilakukan dalam pendataan penduduk. Selain pendataan online secara mandiri, penduduk akan dicatat oleh petugas BPS sesuai alamat tempat tinggal penduduk itu sendiri.

“Masyarakat dapat secara mandiri mengisi dan mencatatkan informasi mereka melalui sensus penduduk online di situs sensus.bps.go.id mulai tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020. Atau akan dicatat oleh petugas sensus di kediaman penduduk itu sendiri pada tanggal 1 sampai 31 Juli 2020,” terang Endra, Kamis (2/1) sore.

Selain melaksanakan sosialisasi, BPS Paluta juga mendapat dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara.

Advertisement

Bupati Paluta, Andar Amin Harahap beserta Sekdakab dan Ketua DPRD Paluta menginstruksikan kepada seluruh unsur pimpinan daerah, camat dan kepala desa agar berkoordinasi dengan BPS Paluta dalam pelaksanaan sensus penduduk 2020 di wilayah pemerintahan Kabupaten Paluta.

Kepada masyarakat, diharapkannya berpartisipasi serta menerima dan membantu petugas densus penduduk dari BPS, untuk memberikan data yang dibutuhkan serta informasi yang sebenar-sebenarnya.

“Sensus penduduk 2020 dilakukan Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Pusat Statistik serentak di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pastikan kita semua tercatat,” ujar bupati. (wol/bon/data2)

Editor: Agus Utama