Mien Sugandhi Wafat, Jenazah Disemayamkan di Kementerian PPPA

foto: merdeka

JAKARTA, Waspada.co.id – Jenazah Mien Sugandhi, Menteri Urusan Peranan Wanita di era Presiden Soeharto meninggal dunia hari ini. Sebelum dimakamkan, Mien Sugandhi disemayamkan di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) atau bekas kantor Kementerian Urusan Wanita pada masanya.

Pantauan di lokasi, mobil jenazah tiba di PPPA sekitar pukul 10.00 WIB dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta Pusat. Mien mengembuskan napas terakhir pada 5 Januari 2020 pukul 21.45 WIB. Dia meninggal dalam usia 85 tahun.

Jenazah langsung disalatkan oleh pelayat. Rencananya, akan ada prosesi penyerahan dari pihak keluarga ke pemerintah. Selanjutnya, disemayamkan di rumah duka Rumah Mien Sugandhi untuk kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Dilansir dari berbagai sumber, Mien Sugandhi atau lebih lengkap memiliki nama Siti Aminah Sugandhi, lahir pada 28 Juli 1934. Dia adalah seorang politikus wanita Indonesia yang pernah menjabat sebagai Menteri Urusan Peranan Wanita periode 1993 hingga 1998.

Dia juga pernah menjadi anggota DPR dan MPR pada 1977 hingga 1993, sebagai bagian dari Kabinet Pembangunan VI dan juga pernah menjadi komisaris independen Mitra Adiperkasa Tbk pada tahun 2004.

Advertisement

Ia memperoleh gelar Doktor dari Northern California Global University, Amerika Serikat, pada tahun 2001. Dan menerima anugerah Bintang Mahaputera Adipradana dari Pemerintah pada 17 Agustus 1996 saat masih menjabat sebagai menteri. (merdeka/ags/data2)