Dituntut 12 Tahun Penjara, Warga Negara Etiopia Minta Keringanan

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Terdakwa Said Abity Abdurahman (30) kurir narkotika jenis baru daun khat 7,9 kg yang diketahui warga Negara Etiopia, meminta kepada ketua majelis hakim untuk dapat meringankan tuntutan yang dijatuhi Jaksa Penuntut Umum kepada dirinya.

Yang biasanya terdakwa diwakili oleh penerjemah bahasa untuk berbicara ke hakim. Namun, kali ini terdakwa membacakan permintaannya sendiri melalui selembar kertas yang di pegangnya.

Dengan terpatah-patah, terdakwa menuturkan keinginannya. “Saya meminta kepada hakim untuk mengurangi kurungan,” pintanya kepada Ketua Majelis Hakim Jarihat Simarmata, di Ruang Cakra VI, Rabu (8/1).

Warga Etiopia ini juga menuturkan, kalau di Indonesia ini dirinya tinggal sebagai seorang pengungsi. Terlebih lagi, dia mempunyai seorang istri yang ikut tinggal di Indonesia.

“Saya sebagai tulang punggung di keluarga saya pak hakim, dan istri saya ikut ke Indonesia untuk tinggal di sini (Indonesia),” ungkapnya.

Advertisement

Di kesaksian sebelumnya, terdakwa juga mengaku, daun khat seberat 7,9 kg itu bukan untuk dijual melainkan untuk di konsumsi sendiri. Untuk keperluan kesehatan atau obat diabetes.

Sebagaimana diatur perbuatan terdakwa sebagimana diatur dan di ancam Pidana Pasal 114 (2) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman paling tinggi penjara seumur hidup atau hukuman mati.(wol/ryan/data3)

Editor: SASTROY BANGUN