Waspada Online Masuk Buku Bunga Rampai Pers Sumatera Utara

WOL Photo/Ega Ibra

MEDAN, Waspada.co.id – Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumatera Utara (Sumut) baru saja meluncurkan buku Bunga Rampai Pers Sumatera Utara: Dari Zaman Kolonial Hingga Milenial di Medan, Senin (23/12).

Salah satu dari isi buku tersebut menceritakan tentang awal mula berdirinya koran Harian Waspada termasuk kiprah Waspada Online di Sumatera Utara. Pemimpin Redaksi Waspada Online, Austin Tumengkol, pun turut menyumbangkan tulisan berjudul “Waspada Lahir Dari Situasi Kewaspadaan”.

Dalam isinya, diceritakan Harian Waspada yang didirikan oleh H Mohammad Said dan Hj Ani Idrus itu lahir dari sikapnya yang selalu menganjurkan masyarakat senantiasa ‘waspada’ menghadapi berbagai kemungkinan dalam perjuangan bangsa menghadapi Belanda.

Lebih tepatnya, agar waspada terhadap strategi Belanda yang mengakibatkan kerugian besar bagi pejuang dan kedaulatan Republik Indonesia. Diketahui, Harian Waspada tercatat sebagai surat kabar tertua kedua dalam sejarah pers Indonesia yang terbit tanpa jeda menembus usia 72 tahun.

“Di buku ini, banyak tokoh-tokoh pers Sumut dan sejarah yang pastinya belum begitu banyak diketahui oleh orang banyak, termasuk kalangan pers sendiri. Setidaknya bagi mahasiswa atau pers kampus bisa jadi referensi menambah wawasan mereka tentang pers Sumut,” kata Austin.

Advertisement

Pada peluncurannya, Austin mewakili Waspada Online dan Harian Waspada menerima buku Bunga Rampai Pers Sumut: Dari Zaman Kolonial Hingga Milenial dari Kabiro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Hendra Dermawan Siregar didampingi Kabag Pelayanan Media dan Informasi Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut, Harvina Zuhra. (wol/ryan/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL