Sidang Kurir Narkotika Daun Khat 7,9 Kg, Terdakwa: Untuk Obat Diabetes

WOL Photo/Ryan
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Dalam sidang kesaksian terdakwa Said Abity Abdurahman (30) kurir narkotika jenis baru daun khat 7,9 kg yang diketahui Warga Negara Etiopia mengaku mendapatkan rekomendasi dari dokter negara asalnya untuk keperluan kesehatan.

Berdasarkan pantauan di persidangan, Pengadilan Negeri Medan juga menghadirkan penerjemah bahasa untuk terdakwa. Pasalnya, terdakwa tidak bisa menggunakan Bahasa Indonesia.

Masih dalam persidangan, terdakwa Said juga mengatakan daun khat yang dimilikinya 7,9 kg bukan untuk dijual melainkan untuk dikonsumsi sendiri.

“Untuk keperluan kesehatan, obat diabetes, bukan untuk dijual,” kilahnya di hadapan Ketua Majelis Hakim Jarihat Simarmata, di Ruang Cakra VII, Rabu (11/12).

Dalam dakwaan sebelumnya, JPU menuturkan, bahwa terdakwa memperoleh kiriman/paket narkotika jenis daun khat dari seseorang yang bernama MARUF (DPO) dari negara Etiopia.

iklan

Dimana terdakwa berhubungan dengan Maruf melalui masenger facebook yang nantinya diterima paket tersebut akan dikirim kembali dengan baju gamis ke Kanada.

“Sebagaimana diatur perbuatan terdakwa diancam Pidana pasal 114 (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman paling tinggi penjara seumur hidup atau hukuman mati,” pungkas JPU Nelson Victor. (wol/ryan/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan