Pemerintah Jamin Bakal Terima Habib Rizieq jika Kembali ke Indonesia

Menkumham, Yassona (foto: Okezone)
Iklan
agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM), Yasonna Laoly menegaskan pemerintah tak pernah menghalangi dan bakal terbuka menerima Habib Rizieq Shihab jika kembali ke tanah air.

“Secara hukum warga negara Indonesia, yang ingin kembali ke negaranya pasti kita terima,” ujar Yasonna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Yasonna pun menepis adanya anggapan apabila pemerintah memang sengaja melakuka pencelakan kepada Imam Besar FPI itu. Karena sepengetahuannya Habib Rizieq dicekal oleh pemerintah Arab Saudi.

“Nah mungkin beliau (Habib Rizieq) dicekal dari negara Arab Saudi, dan itu diluar kewenangan kita,” tuturnya.

Karena itulah, Yasonna meyakini pemerintah Indonesia tak pernah melakukan pencelakan kepada Habib Rizieq untuk kembali ke tanah air. Karena jika dilakukan pencekalan Habib Rizieq tak bisa keluar negeri.

iklan

“Kalau dicekal itu sifatnya begini, dicekal tak boleh keluar dari Indonesia atas permintaan aparat penegak hukum dan lembaga tertentu,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya, saat pelaksanaan kegiatan Reuni 212 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Habib Rizieq Shihab menyebutkan dalam video teleconference, ia dihalang-halangi untuk pulang ke Indonesia.

Iklan