Kenaikan Harga Bawang Merah Dapat Picu Inflasi

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Jelang Hari Natal dan Tahun Baru 2020, Tim Satgas Pangan Kota Medan kembali meninjau sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, Senin (16/12) kemarin.

Peninjauan ini dilakukan untuk mengecek ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan memantau harganya. Sebab, bahan kebutuhan pokok acap kali langka serta harganya merangkak naik.

Berdasarkan peninjauan yang dilakukan di Pusat Pasar Tim Satgas Pangan mendapati bahan pangan masih relatif aman dan memiliki harga yang stabil, namun kenaikan harga terjadi pada dua komuditas yakni bawang merah dan telur ayam. Untuk bawang merah semula harganya berkisar Rp25.000/kg naik sebesar Rp10.000/kg menjadi Rp35.000/kg dan telur ayam semula harganya Rp1.300/kg mengalami kenaikan sebesar Rp100/butir menjadi Rp1.400/butir.

Dalam peninjauan tersebut, Kasat Intelkam Polrestabes Medan Masana Sembiring selaku Ketua Satgas Pangan dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan Emilia Lubis selaku Sekretaris yang turut turun langsung mengecek ketersediaan dan harga bahan pangan yang beredar di Pusat Pasar khususnya.

Menyikapi kenaikan itu, Emilia mengatakan, Tim Satgas Pangan ini akan terus turun untuk mengecek harga dan ketersediaan stok komoditas sembako yang beredar di pasar tradisional di Kota Medan. “Tim ini akan terus melakukan peninjauan melalui sidak pasar hingga seminggu mendatang. Selama sidak ini tim akan mengecek tidak hanya pada tingkat pedagang atau pengecer namun juga pada tingkat distributor,” ungkapnya.

iklan

Emilia juga berharap para pedagang dan distributor tidak memanfaatkan momentum hari besar keagamaan ini untuk melakukan penimbunan barang sehingga menyebabkan bahan pokok menjadi langka dan harga tidak terkendali.

“Saya mengimbau kepada para pedagang dan distributor tidak melakukan spekulasi demi untuk meraup keuntungan pribadi. Hari besar keagamaan Natal dan Tahun Baru 2020 menjadi momentum penting bagi umat kristiani khususnya di Kota Medan. Mari kita memberikan keringanan bagi yang merayakannya dengan menstabilkan harga bahan-bahan pokok,” ujarnya

Tim Satgas Pangan dibagi atas 3 tim yang terdiri dari unsur Kejaksaan Negeri Medan, Kejaksaan Negeri Belawan, Polrestabes Medan, Polres Pelabuhan Belawan, Bulog, Denpom I/5 Medan, Dandim 0201/BS, Dinas Perdagangan Medan, Dinas Perindustrian Medan, Dinas Perhubungan Medan, PD Pasar Medan, Komisi Pengawas Pesaingan Usaha (KPPU), Bagian Humas, Bagian Hukum dan Bagian Perekonomian Setdakot Medan. Ada 3 pasar yang ditinjau yakni Pusat Pasar, Pasar Simpang Limun dan Pasar Belawan.

Dari hasil peninjauan dari ketiga pasar tersebut, selain telur dan bawang merah yang mengalami kenaikan, harga bahan pokok lainnya relatif stabil seperti ayam Rp32.000/kg, cabai Rp30.000/kg, bawang putih Rp28 ribu/kg, telur puyuh Rp350 sampai Rp400/butir, telur bebek Rp2000/butir, telur ayam kampung Rp2800, minyak Rp11.000/liter, gula Rp12.500, daging sapi Rp110.000, daging beku Rp85.000, beras medium Rp10.000, beras premium Rp11.000 – Rp12.000, beras lokal Rp9.500 – Rp9.700.(wol/mrz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan