Karang Taruna Diharapkan Mampu Gerakkan Desa

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Karang Taruna selaku organisasi yang diisi para pemuda diharapkan menjadi garda terdepan yang mampu menggerakkan dan membawa inovasi di desa. Apalagi saat ini merupakan era revolusi industri 4.0, kemudahan berkreativitas, dan akses informasi terbuka lebar hingga tingkat desa.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, pada acara Bulan Bhakti Karang Taruna ke-59 Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 di Kantor Gubernur Sumut, Jumat (13/12). Tema yang diangkat yakni Satukan Kreasi, SDM Unggul, Kreatif, dan Berjiwa Sosial.

“Saat ini kesempatan untuk sukses itu terbuka lebar, tidak hanya di kota tetapi juga di desa. Kuncinya adalah peka dengan perubahan dan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Saya harap mental-mental seperti ini dibangun dalam Karang Taruna dan membawa lebih banyak lagi manfaat di tengah masyarakat,” tutur Wagub.

Selain itu, Karang Taruna juga diharapkan menjadi mitra yang mampu menghubungkan pemerintah dengan masyarakat. Hal ini karena Karang Taruna merupakan organisasi yang sangat dekat dengan masyarakat, tentu memudahkan dalam menjembatani komunikasi dan sosialisasi program pemerintah.

Wagubsu juga mengucapkan selamat atas peringatan Bulan Bhakti Karang Taruna yang telah memasuki usia ke-59. Apresiasi pun diutarakan Wagubsu atas kiprah Karang Taruna yang telah menjadi wadah positif bagi pengembangan pemuda dan bermanfaat bagi masyarakat.

Advertisement

Ketua DPD Karang Taruna Sumut, Dedi Dermawan Milaya, menyampaikan pemuda Karang Taruna menjadi basis yang mampu menggerakkan desa. Di era globalisasi yang sarat persaingan, pemuda Karang Taruna diminta mampu membekali diri dengan berbagai kemampuan.

“Sehingga, bisa menciptakan kesempatan-kesempatan dan kemajuan di desa. Bukan malah pindah ke kota, tetapi justru menciptakan peluang di desa. Sebagai informasi, Karang Taruna senantiasa berupaya adaptasi dengan teknologi. Untuk itu, kita ciptakan Harmoni Desa, yakni sistem informasi integrasi data desa dalam bentuk web,” katanya.

Tujuan kegiatan untuk memotivasi generasi muda warga Karang Taruna menjadi perekat persatuan dalam keberagaman hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Rangkaian kegiatan meliputi pemberian penghargaan Karang Taruna teladan/berprestasi, bakti sosial serta bantuan kepada Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Kelompok Usaha Bersama (Kube) Karang Taruna.

Selain itu, dilakukan juga penyerahan penghargaan “Aditya Karya Mahatva Yodha” kepada Ketua TP PKK selaku mitra Karang Taruna bidang kesejahteraan sosial. Salah satu penerima adalah Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah.

Selain TP PKK Sumut, penerima penghargaan lainnya adalah TP PKK Medan, Tapanuli Selatan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, dan Deliserdang. Selanjutnya, 42 kepala desa, lurah, dan camat dari kabupaten/kota juga menerima penghargaan “Aditya Karya Mahatva Yodha” kategori pembina teladan.(wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL