Durian ini Bernilai Rp1,6 Miliar, Kok Bisa?

Foto: Okezone
Iklan

Waspada.co.id – Baru-baru ini viral karya seni pisang yang ditempelkan pada dinding. Pisang tersebut berhasil terjual seharga USD120 ribu atau Rp1,68 miliar. Setelah pisang, kini ada karya seni serupa yang memanfaatkan buah durian.

Karya seni durian ini bukanlah lukisan maupun foto. Ini adalah buah durian asli yang ditempel pada dinding menggunakan selotip berwarna abu-abu. Karya seni durian ini sama persis dengan pisang yang sebelumnya dibuat oleh seniman asal Italia, Maurizio Cattelan.

Sebagaimana dilansir dari Mothership, Selasa (10/12/2019), karya seni durian ini dibuat oleh 99 Old Trees. Ini adalah kafe yang menyajikan durian langsung dari Fook Gor Durian Farm Pahang, Malaysia yang berada di Blok 46, Owen Road.

Kafe yang terkenal akan harga makanannya yang murah ini mengunggah karya seni durian di akun media sosial Facebook. Tak lupa 99 Old Trees itu juga menuliskan caption yang bertulis:

“Durian tape to white wall SGD163.056 (setara Rp1,6 miliar). Terlihat seperti seni dan baunya seperti kentut. Seni perbudakan durian sebagai pengingat perjuangan masa lalu nenek moyang kami. Selotip itu menandakan penindasan dari masa kolonial,” tulisnya.

iklan

“Seni yang sangat berarti. Rp1,6 miliar sudah termasuk pajak layanan dan barang. Belilah sebelum peningkatan pajak layanan dan barang. Sudah termasuk lakban dan Pahang MSW seberat 2,15 kilogram (akan membusuk dalam tiga hari) dinding tidak termasuk,” tambahnya.

Alhasil unggahan karya seni durian tersebut mendapatkan banyak komentar dari para netizen yang melihatnya.

“Jika Anda membutuhkan seseorang untuk memakan durian itu, maka saya bersedia untuk melakukannya,” ujar netizen Jiaying Gina Cai.

“Total harganya untuk itu (durian) sekira Rp1,6 miliar. Pembayarannya mau menggunakan uang tunai atau kartu?” balas 99 Old Trees cafe. (okezone.com/data3)

Iklan