DPRD Minta Kadisdukcapil Tertibkan Pihak Ketiga Urus Adminduk

Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga. (WOL Photo)

MEDAN, Waspada.co.id – Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan, Zulkarnain, mengaku saat ini banyak pihak ketiga mengajukan jasa kepengurusan administrasi kependudukan (aminduk) di kantor Dukcapil.

“Saya tidak menyebutnya itu calo, tapi banyak sekali jasa pihak ketiga yang datang ke kantor Dukcapil Medan untuk mengurus adminduk baik berupa Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), Kartu Keluarga (KK), dan lainnya,” ujarnya, Jumat (27/12).

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemko Medan ini menjelaskan, fenomena itu lantaran masyarakat memang tidak mau berurusan langsung ke Disdukcapil.

“Masyarakat kita masih belum mau menyisakan waktunya untuk mengurus langsung semua dokumen kependudukan. Karena itu mereka gunakan jasa pihak ketiga,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga, mengatakan masyarakat sangat berharap e-KTP ini sebagai bukti autentik indetitas diri. Sementara terkait banyaknya pihak ketiga yang berperan sebagai perwakilan masyarakat untuk mengurus KTP di kantor Disdukcapil, dengan tegas Ihwan minta agar ini segera ditertibkan.

Advertisement

“Kita minta kepada Kadis Dukcapil Kota Medan agar pihak ketiga yang mengurus admintrasi kependudukan (adminduk) di kantor Dukcapil Kota Medan segera ditertibkan,” pungkasnya.(wol/mrz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN