Sikapi Pesan Presiden Jokowi, Bupati Batubara Rakor dengan Forkopimda

Iklan

TANJUNGGADING, Waspada.co.id – Menyikapi pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Maju dengan Forkopimda se Indonesia di Sentul International Convention Centre, 13 November lalu, Bupati Batubara Ir H Zahir MAP menggelar Rakor Pemerintahan Daerah dengan Forkopimda, Kamis (28/11).

Rakor jajaran Pemda dengan Forkopimda Kabupaten Batubara dihadiri Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Prima, Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang SH MHum, Kajari Mulyadi Sajaen SH, Ketua DPRD Batubara sementara M Syafi’i SH, perwakilan Pengadilan Negeri Asahan, Danlanal Letkol Laut Dafris, Kasdim 0208/ AS Mayor Inf MN Simanjuntak serta lainnya.

Dalam paparannya, Zahir menjelaskan bahwa Rakor Forkopimda dengan jajaran OPD, Camat, serta pejabat jajaran Forkopimda bertujuan meningkatkan sinergitas untuk membangun Kabupaten Batubara empat tahun ke depan sekaligus menyikapi lima program prioritas Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin.

Kelima program prioritas itu meliputi perbaikan SDM aparatur dan masyarakat, perbaikan infrastruktur, birokrasi, regulasi, dan transformasi ekonomi. Kelima program prioritas telah dilaksanakan oleh Pemkb Batubara di Tahun Anggaran 2019 dan dilanjutkan di tahun anggaran 2020 sebagai upaya percepatan penurunan kemiskinan dan pengangguran.

Disebutkan, program transformasi ekonomi mampu membangun pertumbuhan ekonomi di desa melalui usaha peningkatan pendapatan keluarga dengan kegiatan ekonomi kreatif. Zahir menambahkan SDM aparatur dan masyarakat khususnya bidang kesehatan memperhatikan kondisi stunting oleh Dasawisma PKK dengan menitikberatkan kesehatan ibu, anak serta gizi balita.

iklan

Untuk pendidikan formal dan non formal diprioritaskan mendidik anak untuk cinta tanah air, cinta bangsa, dan wujud dari pengenalan Pancasila dengan melalui pengenalan perpustakaan, kepramukaan, dan pendidikan karakter.

Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang menjelaskan tujuh program prioritas Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dalam mewujudkan visi misi Jokowi-KH Ma’ruf Amin. Dikatakan, sinergitas Polri dan Forkopimda harus diwujudkan terus menerus sehingga penegakan hukum Polri melaksanakan pengawasan serta pembinaan dengan menyampingkan penindakan.

Kajari Mulyadi Sajaen SH menegaskan agar aparat Pemda harus bekerja dengan baik dan menaati peraturan perundang-undangan, agar terhindar dari masalah hukum. Kasdim 0208/AS menjelaskan pihaknya akan membantu Pemda dari aspek keamanan teritorial, pendidikan, kesehatan, dan bela negara. (wol/aa/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan