Pembentukan Dewan Pengawas, Antasari: Harus Tahu Seluk Beluk KPK

foto: istimewa

JAKARTA, Waspada.co.id – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Antasari Azhar menilai, keberadaan Dewan Pengawas KPK diperlukan. Alasannya, untuk menghindari abuse of power.

Namun, ia bilang untuk Dewan Pengawas KPK ini harus diisi figur yang tahu seluk beluk lembaga anti rasuah itu.

“Saya bilang perlu (dewan pengawas) dan orangnya yang tahu seluk beluk KPK, sistem di KPK, dan tahu personel KPK,” kata Antasari dalam diskusi di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis 7 November 2019.

Dia menambahkan, Dewan Pengawas KPK juga harus tahu situasi di dalam KPK. Sebab, jika tak tahu masalah, hanya akan menjadi simbol.

“Nantinya dan makan gaji buta saja setiap bulannya dan tidak efektif,” kata mantan jaksa tersebut.

Advertisement

Dia menambahkan, peran Dewan Pengawas KPK juga mesti jelas. Maka itu, pihak yang diawasi juga harus tahu tupoksinya.

“Kalau pengawasan keuangan setiap tahun diawasi oleh BPK, jelas sudah rutin, penyadapan diawasi oleh Kominfo. Kinerja yang ini, yang selama ini belum ada, jadi perlu pengawasan kinerja,” kata Antasari.

Presiden Jokowi saat ini sedang menggodok nama-nama calon anggota Dewan Pengawas KPK. Mereka nantinya akan dilantik bersamaan dengan Komisioner KPK jilid V periode 2019-2023.

Hal ini sesuai dengan Undang Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Tindak Pidana Korupsi, akan ada lima orang yang dipilih.

“Presiden dengan tentu mensesneg, sekarang memproses nama-nama tertentu yang diusulkan banyak pihak dan kemudian memintakan pendapat dari berbagai pihak,” ujar Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rahman di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 5 November 2019. (vivanews/ags/data3)