Nadiem : Indonesia Harus Prioritas Nomor Satu untuk Peningkatan SDM

WOL Photo/Ega Ibra

Waspada.co.id – Google memperkenalkan sejumlah program dan produk baru untuk menunjang produktifitas masyarakat Indonesia, Jakarta, Rabu (20/11). Kegiatan yang dikemas dalam Google for Indonesia 2019 itu menghadirkan sejumlah tokoh enterpreneur, tokoh inspiratif hingga Menteri dari kabinet Indonesia Maju.

Saat menyampaikan pemaparan, Managing Director Google Indonesia, Rendy Jusuf mendorong developer di seluruh Indonesia untuk meningkatkan keterampilan teknis dan soft skill mereka dan, nantinya, ikut mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang dinamis.

“Kami mendesain program Bangkit bersama Gojek, Tokopedia, dan Traveloka untuk melatih 300 developer yang berkualifikasi tinggi dengan keahlian machine learning hingga musim panas 2020,” jelas Randy.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim. ia berharap Indonesia harus menjadi prioritas nomor satu untuk kebangkitan teknologi dan peningkatan SDM.

“Maka, program-program peningkatan skill SDM rakyat Indonesia diminta jangan hanya yang dilatih ratusan orang, tetapi jika perlu ratusan ribu. Dicoba dulu, pemerintah sudah melakukan transformasi dari mengatur kepada melayani, ujarnya.

Advertisement

Ia juga menambahkan saat ini pemerintah ingin memberitahu kepada Gogle, unicorn dan perusahaan lainnnya agar tidak segan-segan meminta kepada pemerintah.

” Jangan segan-segan dan jangan malu-malu minta apa yang dibutuhkan, karena kementrian saya saat ini bukan hanya regulator tapi adalah sebuah ekosistem”, ungkap mantan pengusaha ojek online tersebut.

Selain itu, Johnny G Plate selaku Menkominfo RI juga menegaskan dengan kemajuan teknologi digital memiliki dampak yang luar biasa karena daerah-daerah terluar, tertinggal, termiskin dan terdepan bisa dihubungkan oleh bangsa melalui teknologi.

Kami mendorong sekali migrasi platform, branding-branding, start up maupun unicorn kita semakin besar dan menjadi megacorn, kami mendukung semua dan terpenting dengan kepentingan yang sama termasuk google untuk memajukan Negara Indonesia khususnya menghasilkan digital-digital talent,” katanya. (WOL/Ega/data3)