DPR: Calon Kabareskrim Harus Senior dan Punya Pengalaman

Ilutrasi Okezone
Iklan
agregasi

JAKARTA – DPR berpandangan calon Kabareskrim baru harus memiliki rekam jejak yang baik dan dari sisi kepangkatan lebih senior sejalan dengan pengalamannya di bidang reserse.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai PAN Sarufudin Suding mengungkapkan jika Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mengangkat angkatan muda untuk jadi Kabareskrim baru dikhawatirkan akan terjadi disharmonisasi dan mengganggu kinerja di Korps Bhayangkara.

“Kalau diambil yang masih junior dan belum teruji, khawatirnya bisa saja terjadi disharmonisasi dan mengganggu kinerja di Internal Kepolisian,” kata Sarufudin saat kepada wartawan, Rabu (6/11/2019).

Sarifudin menilai jika ditinjau dari aspek senioritas, masih ada beberapa Jenderal senior angkatan 87, 88 dan 89 yang cocok untuk jadi Kabareskrim.

Ia sangat optimistis angkatan senior tersebut dinilai dapat bergandengan dengan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dalam menjalankan visi dan misinya ke depan.

iklan

“Kalau dari sisi senioritas kan masih ada angkatan 87, 88 dan 89 di Polri. Itu masih bisa nyambunglah dengan Kapolri,” tutur dia.

Menurutnya, tahun depan Polri akan menghadapi tahun politik, karena itu dibutuhkan sosok yang mampu meredam sejumlah peristiwa berskala nasional.

“Nah, orang-orang yang memiliki rekam jejak baik dan senior harus menduduki jabatan Kabareskrim karena lebih berpengalaman mengatasi itu,” tandas Sarifudin. (okz/data3)

Iklan