“Ciptakan Lingkungan Inklusif dan Ramah Anak di Kota Medan”

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Atraksi drum band cilik dan barisan anak-anak mengenakan aneka pakaian adat menyambut kedatangan Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution menghadiri Hari Anak Nasional Kota Medan 2019 di Asrama Haji Jalan AH Nasution Medan, Kamis (28/11) kemarin.

Melalui acara ini, anak-anak diharapkan tumbuh sehat, kreatif, serta berakhlak mulia sehingga berguna bagi bangsa dan negara, khususnya dalam mengisi pembangunan di Kota Medan.

Acara yang mengusung tema, “Kita Anak Indonesia Kita Gembira” dihadiri ratusan anak-anak yang merupakan perwakilan dari sejumlah PAUD, TK, SD, dan SMP yang ada di Kota Medan. Selain itu acara juga dihadiri Plt Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Nurul Khairani Akhyar, Kadis Pendidikan Kota Medan Marasutan Siregar, Camat Medan Johor Zulfachri Akhmadi, jajaran Dinas Pendidikan, orangtua serta para guru.

Akhyar mengatakan, segenap jajaran Pemko Medan sangat mengapresiasi dan menyambut positif digelarnya peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kota Medan 2019. Sebab, kegiatan ini dinilai sebagai upaya menciptakan lingkungan yang inklusif dan ramah anak di Kota Medan.

“Kita menyadari bahwa anak merupakan kader generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan program-program pembangunan,” tutur Akhyar.

Advertisement

Selanjutnya Akhyar menekankan, ada empat hal pokok yang harus menjadi perhatian semua, yakni hak perawatan dan pengawasan, kesehatan, pendidikan, dan rekreasi serta hak perlindungan dari kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi. Oleh karenanya Akhyar mengajak semua, terutama para orangtua agar memenuhi hak anak-anak dengan penuh tanggung jawab.

“Pemenuhan hak anak ini sangat penting dilakukan agar anak-anak kita nantinya kelak tumbuh menjadi insan yang memiliki mental tangguh, cerdas, kompetitif, berkepribadian luhur, berkarakter serta beraklak mulia. Selain itu orangtua juga harus pro aktif memberikan bimbingan agar anak-anak kita menghormati guru dan pemimpinnya serta sayang kepada lingkungan. Insha Allah mereka nanti mencintai bangsa dan tanah air,” pesannya.

Pemko Medan dalam rangka mewujudkan kepedulian terhadap peringatan Hari Anak ini, jelas Akhyar, bertekad dan memprioritaskan Medan menjadi Kota Layak Anak (KLA). Kemudian memfasilitasi berbagai kegiatan untuk penguatan dan ruang partisipasi anak, di antaranya membangun komitmen dalam meningkatkan perlindungan anak serta memenuhi hak-hak anak dengan mengupayakan akte kelahiran gratis.

“Tidak itu saja, Pemko Medan juga akan terus meningkatkan fasilitas-fasilitas seperti ruang khusus bagi anak-anak di rumah sakit, menyediakan ruang bermain di sejumlah taman serta ruang baca bagi anak di perpustakaan maupun fasilitas lainnya,” ungkapnya.

Terakhir Akhyar berharap, melalui kegiatan yang digelar ini dapat memberikan manfaat dalam mengasah pengetahuan dan keterampilan anak, sehingga mereka ke depannya dapat mewujudkan Kota Medan sebagai Kota Layak Anak.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN