Belum Tunjuk Dewan Pengawas KPK, Jokowi Tunggu Putusan Uji Materi di MK

Presiden Joko Widodo. (Foto: Okezone)
Iklan

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah akan menunggu hasil uji materi UU tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Mahkamah Konstitusi (MK) sebelum menunjuk Dewan Pengawas KPK.

“Kita melihat bahwa sekarang ini masih ada proses uji materi di MK. Kita harus menghargai proses-proses seperti itu. Jangan ada, orang yang masih berproses, uji materi kemudian langsung ditimpa dengan sebuah keputusan yang lain. Saya kira kita harus tahu sopan santun dalam bertata negara,” ujar Jokowi saat tatap muka dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11).

Meski demikian, Kepala Negara mengakui bahwa pemerintah juga meminta masukan dari berbagai pihak sebelum menunjuk Dewas KPK itu.

Jokowi memastikan akan menunjuk Dewan Pengawas KPK pada Desember mendatang sebelum pelantikan komisioner lembaga antirasuah yang baru.

“Kita masih dalam proses mendapatkan masukan-masukan untuk siapa yang nanti bisa duduk di dalam Dewan Pengawas KPK. Dan untuk pelantikan dewan pengawas KPK nanti akan berdamaan dengan pengambilan sumpah pimpinan komisioner KPK yang baru yaitu di bulan Desember. Hal ini sudah tercantum di peraturan peralihan yang ada,” paparnya.

iklan

Mantan Gubernur DKI Jakarta memastikan dirinya tak akan membentuk Pansel Dewas KPK namun ia akan menunjuk orang yang mempunyai kredebilitas yang baik dalam mengawasi kinerja KPK.

“Untuk pertama kalinya tidak lewat pansel. Tapi percayalah yang terpilih nanti adalah beliau yang memiliki kredibilitas yang baik,” pungkasnya.

Iklan