Ada Mesin ADM, Mendagri Tito: Buat e-KTP Hanya 1,5 Menit

Mendagri, Tito Karnavian. (ist)
agregasi

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Mesin tersebut nantinya akan mencetak dokumen kependudukan, seperti e-KTP, akta kelahiran, kartu keluarga, dan lain-lain.

Mantan Kapolri tersebut pun mencoba langsung mesin tersebut. Hasilnya, Tito dapat membuat dokumen e-KTP yang keluar dari mesin hanya dalam waktu sekitar 1,5 menit.

“Tadi saya sudah coba sendiri, lebih kurang 1,5 menit sudah bisa dilakukan pencetakan dengan cepat, ini terobosan bagus,” ucap Tito di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin 25 November 2019.

Bagi yang ingin menggunakan mesin ADM tersebut, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan kalau warga bisa datang langsung ke Dinas Dukcapil terdekat untuk mendapatkan PIN dan password.

Setelah mendapatkan PIN, warga bisa mencetak dokumen kependudukan yang dibutuhkan dan bisa menggunakan mesin ADM selama dua tahun dengan PIN itu.

Advertisement

“Kalau dia mau cetak kartu keluarga, KK, ajukan permohonan cetak KK. Nanti petugas Dukcapil akan mengirim notifikasi lewat SMS: ‘Ini nomor Anda untuk mencetak KK’. Proses sederhananya seperti itu. ADM ini juga bisa melayani penduduk di luar domisili, misalnya kalau KTP-el hilang di jalan bisa mendatangi ADM utk mencetak KTP-el. Di Rakornas Dukcapil II tanggal 25-27 Nopember 2019 di Jakarta akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan ADM itu,” papar Zudan.

Lebih lanjut, Tito berharap kalau mesin ADM ini bisa bermanfaat, dan tentunya dapat memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam mengurus setiap dokumen-dokumen kependudukan.

“Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat sebagai persembahan dari jajaran dukcapil dan otomatis say selaku mendagri merasa bangga, dan berterima kasih dan juga mudah mudahan masyarakat bisa menikmati ini semua, dan mudah mudahan bsia menjadi model bagi layanan publik lainnya di bidang lain,” kata Tito.