Sumut Posisi Tiga Kejurnas NPC 2019

WOL Photo/Ari

MEDAN, Waspada.co.id – Kontingen Sumatera Utara sukses menoreh prestasi gemilang pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) National Paralympic Committee (NPC) Indonesia 2019 yang berakhir Senin (28/10) di Surakarta.

Berkekuatan 25 atlet, kontingen NPC Sumut total merah 19 medali emas, 4 perak, dan 2 perunggu dengan menempati posisi tiga besar klasemen perolehan terakhir. Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting, mengapresiasi prestasi atlet Sumut di kejurnas. Alan juga puas karena prestasi para patriot Sumut hasil kerja keras latihan di daerah maupun pelatnas.

Dirinya juga memuji penampilan apik yang ditorehkan atlet non pelatnas, khususnya para junior yang untuk pertama kalinya turun di kejurnas. Dari enam atlet junior, empat di antaranya sukses meraih medali dengan rincian 3 emas, 2 perak, dan 2 perunggu.

Pencapaian atlet tolak peluru putra Rezza yang tidak hanya sukses meraih emas, tapi atlet junior ini juga memecahkan rekor nasional milik atlet Kalsel Yahya. Rezza sukses melakukan jarak lemparan 10,97 meter.

“Ini membuktikan pembinaan kita dari Sumut berhasil. Kita tetap fokus membina atlet-atlet potensial yang kita siapkan untuk ajang kejurnas maupun internasional,” yakin Alan.

Advertisement

Di satu sisi, Alan yang juga atlet lempar cakram ini sukses menyabet medali emas. Alan juga mampu pecahkan rekor pribadinya di kejurnas dengan lemparan sejauh 43,25 meter. Ini adalah awal yang baik sebelum tampil di Asean Para Games 2020.

“Sebelumnya rekor di Asean Para Games 2018 itu 42,85 meter. Dengan hasil ini, saya pribadi sangat puas karena target pecahkan rekor di ASEAN Para Games di Filipina,” syukur Alan.

Ketua Kontingen Sumut, Mazrinal Nasution, turut mengucap bangga karena NPC Sumut mampu membuktikan menjadi yang terbaik untuk sejumlah cabang olahraga seperti tenis meja dan atletik.

Torehan 19 emas disumbangkan melalui cabang atletik, renang, tenis meja, dan angkat berat. Atletik menyumbangkan 11 emas masing-masing Alan Sastra Ginting (lempar cakram Pa), Nur Fery (100 m Pa), Eko Saputra (200 m Pa), Riadi Saputra (lempar cakram Pa), Habibila (100 meter Pa), Rezsa Surya (lomapt jauh Pa) , Reza P (tolak peluru Pa), Putri Aulia (100 m Pi), Siti, Nina Gusmita (100 m kursi roda Pi), Evi Pohan (200 m kursi roda Pi).

Medali perak diraih Reza S (100 m Pa), sedangkan perunggu masing-masing melalui Reza P (lempar lembing Pa) dan Fauzi (tolak peluru Pa). Angkat berat meraih tiga emas melalui Anto Boy (88 kg Pa), Tambi Sibarani (80 kg Pa) dan Nurtani Purba (73 kg Pi).

Begitu juga tenis meja menyumbangkan tiga emas melalui Sofyan (TT4 Pa), Bahder Johan (TT5 Pa), dan Susilawati (TT8 Pi). Cabor renang mempersembahkan emas berkat Chandra (50 meter gaya bebas Pa). (wol/at/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL