PDIP Yakin Demokrat, PAN, dan PKS Berada di Luar Pemerintahan

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. (Foto: Sarah Hutagaol/Okezone)
Iklan
agregasi

 

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah mengumumkan nama-nama menteri di Kabinet Indonesia Maju. Dari susunan menteri dalam Kabinet Indonesia Maju, tak ada kader dari Partai Demokrat, PAN, dan PKS.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menyatakan sistem demokrasi yang baik tidak ditandai dengan semua parpol masuk ke dalam pemerintahan. Karena itulah, PDIP yakin Demokrat bersama dua partai lainnya, yaitu PAN dan PKS, akan tetap berada di luar untuk melakukan kontrol terhadap pemerintah.

“Demokrasi yang sehat itu ada mekanisme kontrol, ada mekanisme kritik. Kami percaya Demokrat, PAN, dan PKS mengambil fungsi itu,” ucap Hasto di ‪Jalan Teuku Umar No 27, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Meski tak bergabung dengan koalisi, lanjut Hasto, ketiga partai itu bisa bekerjasama dengan pemerintah melalui lembaga parlemen ataupun pilkada serentak.

iklan

“Ada ruang kerja sama di DPR, ada juga ruang kerja sama di MPR, ada kerja sama antar partai politk misalnya di dalam pilkada,” kata Hasto.

Sebelumnya diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan susunan kabinetnya di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 23 Oktober 2019. Adapun kabinet kerjanya ini dibernama oleh Jokowi yakni Kabinet Indonesia Maju.

Terdapat 34 pos kementerian yang tetap diisi oleh wajah lama dan ada juga beberapa di antara merupakan sosok baru dalam kabinet. Mulai dari profesional, politikus partai koalisi, hingga parpol yang menjadi rival Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 yakni Gerindra.

Iklan