Marquez Juara Dunia MotoGP 2019!

foto: motogp

BURIRAM, Waspada.co.id – Marc Marquez memastikan gelar juara dunia MotoGP 2019, setelah memenangi balap MotoGP Thailand di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Minggu (6/10).

The Baby Alien menjadi pebalap tercepat dalam 26 lap dengan catatan waktu 39 menit 36,223 detik. Sepanjang lomba, Marquez terlibat pertarungan sengit dengan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha). Marquez bahkan harus menunggu tikungan terakhir untuk memastikan gelar kedelapannya dengan selisih 0,171 detik.

Dengan hasil ini, raihan poin Marquez di klasemen MotoGP sudah tak bisa dikejar dengan sisa empat seri. Pebalap Repsol Honda asal Spanyol itu mengumpulkan 325 poin disusul Andrea Dovizioso (Ducati) dengan kumpulan 215 angka.

Bagi Marquez, sukses ini melengkapi gelar di tujuh musim sebelumnya. Diketahui, The Baby Alien menjadi jawara MotoGP pada tahun 2013, 2014, 2016, 2017, dan 2018. Di Moto2, Marquez juga dua kali menjadi juara dunia.

Usai balapan, Marquez menjelaskan bahwa sepanjang akhir pekan ini ia berusaha fokus mencari cara untuk memenangi seri, terlepas dari hitung-hitungan juara dan persaingan dengan Andrea Dovizioso. Ia tahu akan menghadapi Quartararo yang tangguh dan pendekatannya berbuah positif.

Advertisement

Musim ini terbilang menakjubkan untuk Marquez yang hanya sekali gagal menuntaskan balapan saat terjatuh di Amerika Serikat. Pada 14 seri lainnya, Marquez mencatatkan sembilan kemenangan dan lima kali runner-up untuk mencatat salah satu musim terbaiknya di kelas primer. (wol/aa/mgp/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL