Kunjungi Pegunungan Arfak, Jokowi Kaget Lihat Danau Anggi

foto: Liputan6

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana untuk pertama kalinya menginjakkan kaki ke Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat. Jokowi menggunakan Helikopter Kepresidenan Super Puma.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku terpukau melihat keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Pegunungan Arfak khususnya, Danau Anggi Giji dan Anggi Gida. Danau ini biasa disebut oleh warga setempat dengan danau laki-laki dan perempuan.

“Iya ini pertama kali kunjungan saya ke Pegunungan Arfak. Dan saya sangat kaget sekali, dari atas sangat indah sangat cantik danaunya dan juga alamnya,” kata Jokowi usai bertemu dengan warga di Pasar Irai Kabupaten Pegunungan Arfak, Minggu (27/10).

Jokowi berharap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama dapat berkunjung ke Pegunungan Arfak. Dengan begitu, potensi pariwisata di daerah ini dapat dikembangkan.

“Ya nanti dilihat pak Menteri Pariwisata biar dilihat ke sini. Yang jelas kalau kita lihat dari atas keindahannya sangat bagus sekali,” ucapnya.

Advertisement

Menurut dia, untuk mendongkrak pariwisata di daerah ini yang terlebih dahulu dilakukan adalah memperbaiki akses jalan dari Manokwari ke Pegunungan Arfak. Pasalnya, saat ini akses menuju Pegunungan Arfak memakan waktu empat hingga lima jam dengan jalan yang bebatuan.

“Dan juga pariwisata. Agar orang bisa berdatangan, berbondong-bondong dari Manokwari dan provinsi lain, dari seluruh tanah air melihat keindahan Danau Anggi yang ada di Pegunungan Arfak,” jelas Jokowi.

Dalam kunjungannya ke Pegunungan Arfak, Jokowi dan Iriana tak sekedar melihat potensi pariwisata. Namun, keduanya juga menyapa dan bertemu ratusan warga yang berasal dari 10 distrik dan 162 desa. (merdeka/ags/data1)