KPK Harap Menteri Kabinet Kerja Jilid II Jokowi Miliki Semangat Antikorupsi

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif (Antara)
agregasi

 

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap sosok menteri kabinet kerja jilid II yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki integritas dan semangat antikorupsi.

Presiden Jokowi dalam channel YouTube Sekretariat Presiden mengungkapkan bahwa telah merampungkan susunan kabinet kerja jilid II. Namun, dia masih merahasiakan identitas para pembantunya tersebut.

“Kami berharap bahwa memilih yang betul-betul bersih, integritas yang baik dan profesional di bidangnya yang dia akan kerjakan,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2019).

Meskipun tidak diikutsertakan dalam proses pemilihan, Syarif meyakini bahwa sosok pembantu presiden yang dipilih adalah orang-orang yang profesional dan handal dibidangnya masing-masing.

Advertisement

“Kami tidak diikutkan tetapi kami berharap bahwa yang ditunjuk oleh presiden adalah orang-orang yang mempunyai track record yang bagus, dari segi integritas tidak tercela,” ujar Syarif.

Di sisi lain, Syarif menyebut bahwa Presiden Jokowi memiliki semangat antikorupsi. Oleh sebab itu, Jokowi diyakini tidak sembarangan dalam memilih sosok menterinya.

“Bahwa itu saja kami berharap bahwa beliau cukup paham untuk mengetahui mana calon menteri yang mempunyai rekam jejak yang baik atau tidak,” tutup Syarif.