Juarai MotoGP Australia, Sensasi Marquez Belum Berakhir

foto: motogp
Iklan

PHILLIP ISLAND,Waspada.co.id – Seakan belum cukup gelar juara dunia MotoGP 2019, Marc Marquez kembali meraih titel kampiun MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, Minggu (27/10).

Marquez meraih kemenangan dramatis dengan menyalip Maverick Vinales (Monster Yamaha) di dua lap terakhir. Sialnya, Vinales terjatuh di lap terakhir dan gagal finish. Podium kedua pun direbut oleh Cal Crutchlow (LCR Honda) disusul Jack Miller (Pramac Ducati) yang notabene pebalap tuan rumah.

Kesialan juga menimpa Danilo Petrucci dan Fabio Quartararo yang mengalami tabrakan. Alhasil, kedua pebalap mengakhiri lomba lebih cepat. Pasalnya, Petrucci hendak menghindari senggolan Marquez. Namun, pebalap Ducati tersebut malah terjatuh dan mengenai Quartararo yang juga ikut terhempas dari sepeda motornya.

Meski sudah memastikan diri sebagai juara dunia kedelapan kali, Marquez enggan bersantai tanpa target. Pebalap Repsol Honda Spanyol itu terus melaju kencang hingga memasuki garis akhir dengan waktu 40 menit 43,729 detik.

Selain gelar di Phillip Island, Marquez juga memecahkan rekor kemenangan Honda yang sebelumnya dipegang Mick Doohan. The Baby Alien berhasil membukukan 55 kemenangan bersama Repsol Honda atau unggul satu dari Doohan.

iklan

Sebelumnya, Doohan memegang rekor sebagai rider terbanyak meraih kemenangan pada musim 1998 kala pebalap asal Australia itu meraih 54 kemenangan di MotoGP Argentina sekaligus memastikan gelar juara dunia kelimanya.

Kini, rekor Doohan yang berusia 21 tahun berhasil dilewati Marquez di Phillip Island. Belum cukup sampai di situ, pria ganteng berusia 26 tahun itu berpeluang mengukir rekor 400 poin musim ini. Saat ini, rekor masih dipegang Jorge Lorenzo pada MotoGP 2010 dengan 383 poin.

Saat ini, Marquez sudah mengoleksi 375 poin dan bisa memecahkan rekor andai tampil juara di seri Malaysia (3/11) atau seri pamungkas di Valencia pada 17 November mendatang. (wol/aa/mgp/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan