DPR Akan Uji Kelayakan Calon Kapolri Idham Azis Mulai Pekan Ini

Puan Maharani. (ist)
Iklan
agregasi

 

JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani menargetkan Komisi III bisa memulai uji kelayakan dan kapatutan (fit and proper tes) terhadap calon tunggal Kapolri Komjen Idhan Azis dari pekan ini, agar bisa segera dilantik jadi Kapolri definitif.

“Targetnya minggu ini urusan komisi dan lain-lain itu sudah bisa kita lakukan dan kita selesaikan,” kata Puan menjawab wartawan di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Putri kesayangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu menjelaskan, berdasarkan mekanisme setelah dilakukan rapat konsultasi dengan pimpinan DPR, surat penunjukan Idham Azis sebagai calon tunggal Kapolri akan diserahkan ke Komisi III untuk diuji kelayakan.

Puan menilai sosok Idham Azis memiliki rekam jejak panjang dalam dunia kepolisian. “Sejauh ini insya Allah tidak ada masalah,” ujarnya.

iklan

Sebelumnya Presiden Jokowi menunjuk Kabareskrim Komjen Idham Azis sebagai Kapolri pengganti Jenderal Tito Karnavian yang sudah mengundurkan diri karena diangkat jadi Menteri Dalam Negeri.

Surat penunjukan Idham Azis sudah dikirim oleh Jokowi ke DPR. Komisi III DPR segera menguji kelayakan Idham Azis.

Iklan