Akankah PKS Tergoda Gabung Koalisi Jokowi?

Ilustrasi
agregasi

 

JAKARTA – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menyatakan pihaknya akan berusaha konsisten menjadi oposisi untuk pemerintahan lima tahun ke depan. Hal ini sebagaimana sikap PKS pada periode sebelumnya.

“Insya Allah, PKS istikamah dalam #KamiOposisi,” jelas Mardani dalam pesan singkatnya ketika dikonfirmasi Okezone, Selasa (15/10/2019).

Sebelumnya Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan belum ada keputusan baru terkait sikap PKS ke depannya.

“Keputusannya masih yang lama. Yang lama itu, PKS di luar pemerintahan,” kata HNW –sapaan akrabnya, Jumat 4 Oktober 2019.

Advertisement

Ia mengatakan, sebelum tahun berganti, PKS bakal menggelar Musyawarah Majelis Syura. HNW meyakini sikap Majelis Syura tidak akan jauh berbeda dengan sebelumnya alias tetap berada di luar pemerintahan.

“Perkiraan saya, Majelis Syura yang baru akan menguatkan Majelis Syura yang sebelumnya. Rasional saja. Kita kan bukan pemenang pemilu, wajar saja di luar kabinet,” tuturnya.

Dia menerangkan, di dalam pemerintahan sebuah negara dibutuhkan pihak yang menjadi penyeimbang. Oleh karena itu, HNW menilai pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin memerlukan oposisi untuk melakukan hal tersebut.

“Kan ini demokrasi, perlu ada check and balances. Kalau kemudian semua ada di kabinet, yang ngawal pemerintahan siapa? Gimana kata dunia?” jelasnya.