Trump Harapkan Kesepakatan Perdagangan “Lengkap” dengan China

Presiden AS Donald Trump (AFP)

WASHINGTON, Waspada.co.id – Presiden AS Donald Trump pada hari Jumat (20/9) mengatakan ia menginginkan kesepakatan perdagangan lengkap dengan China dan pembelian barang pertanian Amerika di negara itu tidak cukup. Ia berkomentar demikian menjelang putaran perundingan perdagangan tingkat tinggi AS-China berikutnya di Washington.

“Kami mengharapkan kesepakatan lengkap. Saya tidak menginginkan kesepakatan sebagian. China sudah mulai membeli produk pertanian kita, jika diperhatikan selama seminggu terakhir, dan sebenarnya beberapa pembelian sangat besar. Tetapi bukan itu yang saya inginkan, kita menginginkan kesepakatan besar,” kata Trump dalam konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison di Gedung Putih.

Washington dan Beijing terakhir kali mengadakan pembicaraan penting pada bulan Juli, tetapi tidak ada terobosan besar dalam perselisihan perdagangan antara dua ekonomi utama dunia itu.

Kedua negara terlibat dalam serangkaian saling balas kenaikan tarif pajak selama lebih dari setahun, dipicu oleh permintaan awal AS untuk perubahan dalam praktek perdagangan, subsidi, dan kekayaan intelektual China.

Beijing mengatakan kebijakan perdagangan Washington bertujuan untuk meredam kemampuannya bersaing.

Advertisement

Sementara AS terus memberlakukan tarif impor pada barang-barang China, Trump Jumat mengatakan China mengalami ekonomi “terburuk” dalam beberapa tahun terakhir. (voa)