Tingginya Tingkat Investasi Ilegal, OJK Terus Lakukan Sosialiasi

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Masih tingginya tingkat investasi ilegal, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbagut terus melakukan sosialisasi “Waspada Investasi.”

Ini dilakukan, karena tingkat kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam rangka investasi semakin meningkat. Namun demikian peningkatan tingkat kesadaran dan kemampuan investasi tersebut tidak diimbangi dengan tingkat literasi di bidang keuangan.

“Kenapa sosialisasi ini dilakukan, karena kurangnya literasi tentang investasi dengan tujuan melindungi masyarakat,” tutur Kepala OJK Kantor Regional 5 Sumbagut, Yusup Ansori, Kamis (5/9).

Dan berdasarkan data, masih banyak masyarakat yang terus dijadikan sebagai objek penipuan, kondisi demikian sering dimanfaatkan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab, yang semata-mata hanya demi sebuah keuntungan.

“Sehingga maraknya penawaran investasi ditegaskannya investasi ilegal inilah menjadi alasan perlunya pencegahan dan penanganan yang efektif, sehingga tidak menimbulkan korban yang semakin banyak,” ungkapnya.

Advertisement

Sementara Kepala Biro Perundang undangan Bappeti, M. Syist, menambahkan kegunaan sosialisasi yang digelar OJK adalah agar masyarakat perlu berhati-hati terhadap penawaran produk investasi.

“Izin usaha wajib melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). penawaran yang dapat merugikan masyarakat masih marak terjadi saat ini. Perusahaan harus memiliki izin untuk menawarkan produk investasi kepada masyarakat,” tandasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN