Poldasu Kirim 500 Personil Brimob Pulihkan Kondisi Papua

WOL Photo/Lihavez SA
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – 500 personil Brimob Polda Sumatera Utara dikirim dalam pemulihan keamanan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Personil Brimob yang berangkat sebanyak 250 personil,” kata Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Minggu (1/9).

Tatan mengungkapkan, personil diberangkatkan dari Bandara Kualanamu menggunakan langsung menuju Papua. Adapun pengiriman personil Brimob Poldasu dilakukan dengan dua gelombang. “Kalo nggak salah yang kedua 150 personil mungkin 250 juga,” ungkapnya.

Tatan menyebutkan, para personil Brimob yang dikirim ini akan melaksanakan operasi pengamanan dengan cara persuasif untuk memulihkan suasana.

“Seperti penegasan bapak Kapoldasu, personil harus mengutamakan cara-cara kemanusiaan dalam bertugas. Jadi persuasif, tidak ada yang menggunakan peluru tajam,” tegasnya.

iklan

Selain itu, Tatan menuturkan, petugas yang diberangkatkan ke sana juga fokus untuk menyelamatkan warga termasuk harta benda mereka.

“Belum bisa dipastikan, personil ini akan bertugas sampai kapan. Fokus kami pada pemulihan keamanan di sana. Jika sudah kondusif maka akan ditarik,” pungkas mantan Waka Polrestabes Medan tersebut. (wol/lvz/data1)

Editor: Agus Utama

Iklan